Sukses


Legenda Persebaya Pilih Mudik Tanpa Fandi Eko dan Wahyu Subo Seto

Bola.com, Surabaya - Mudik saat Lebaran sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan orang, begitu pula dengan para pelatih. Legenda Persebaya Surabaya, Yusuf Ekodono memilih untuk mudik ke Yogyakarta bersama sang istri. Rencananya, ia akan bertolak dari Surabaya ke Yogyakarta pada 23 Juni.

Uniknya, tak satu pun dari ketiga anaknya, Fandi Eko Utomo (Madura United), Wahyu Subo Seto (Bhayangkara FC) dan Novaldo Troy Wijaya Putra (Persibo Bojonegoro), yang ikut mudik ke kampung halaman ibunya. Alasannya, ketiga jagoannya itu sudah punya agenda sendiri saat lebaran.

Yusuf tak mau memaksa mereka untuk ikut pulang kampung. Pasalnya, ketiga anaknya sudah dewasa dan tidak perlu dibujuk. "Saya memang bebaskan mereka untuk ikut atau tidak. Mereka sudah besar dan punya dunia sendiri. Asal positif, tidak masalah bagi saya dan ibunya," terang Yusuf.

Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, Yusuf beberapa kali merencanakan mudik bareng bersama anak-anaknya, namun semua rencana yang sudah ia siapkan gagal lantaran masing-masing anaknya memilih untuk berlibur sendiri di tempat lain.

"Tahun lalu Fandi ke Singapura, Subo ke Madura, dan Aldo pergi sama teman-temannya," ujar Yusuf sembari tertawa.

Pelatih Madura United U-19 itu sebenarnya bisa saja memaksa mereka untuk ikut. Namun, ia tak mau jika mereka berangkat dengan berat hati. Maklum, Yusuf dan istri ingin acara mudik berjalan dengan nyaman dan hati senang. "Kalau ada yang cemberut, suasananya jadi tidak nyaman," terang legenda hidup Persebaya dan Timnas Garuda ini.

Ayah tiga anak ini pun berharap, suatu saat bisa mudik bersama ketiga anaknya. Sebab, budaya silaturahmi harus dijaga  supaya tali persaudaraan tetap terjalin baik sampai kapan pun.

"Silaturahmi itu penting. Mungkin mereka masih muda, jadi biarkan saja dulu. Nanti saya yakin mereka akan memahami sendiri," tukas mantan pemain Persebaya ini.

Video Populer

Foto Populer