Sukses


Setelah Evan Dimas, 2 Anak Indonesia Akan ke Espanyol

Bola.com, Jakarta - Klub Spanyol, Espanyol, kembali akan memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk menjalani pelatihan sepak bola di Barcelona. Setelah sebelumnya mantan kapten Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas, mendapatkan kesempatan tersebut, kini akan ada dua anak Indonesia yang memiliki kesempatan yang sama.

Jika sebelumnya Evan Dimas mendapatkan undangan pada tahun 2016 silam untuk menjalani pelatihan bersama Espanyol B karena talenta luar biasa yang diperlihatkan bersama Timnas Indonesia U-19, kini Espanyol mengundang dua anak Indonesia yang akan menjalani talent scouting terlehih dulu di Indonesia.

Didukung penuh oleh sebuah perusahaan retail, Giant, Espanyol yang bekerja sama dengan PT Football Momentum Asia yang dulu bernama Nine Sport Inc. akan menggelar talent scouting di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Palembang, Makassar, dan Surabaya. pada 9 September-1 Oktober 2017.

Talent scouter akan mencari 10 pemain terbaik di setiap kota, di mana total 50 pemain akan menjalani proses final di Jakarta. Dua pemain terbaik kemudian akan mendapatkan kesempatan berlatih di Espanyol seperti yang pernah dijalani oleh Evan Dimas.

"Kami mencari dua pemain untuk menjalani program seperti yang pernah dilakukan oleh Evan Dimas. Kami mengharapkan pemain-pemain yang ikut dalam talent scouting itu adalah mereka yang masih berusia 12 tahun. Namun, kemungkinan besarnya adalah U-14 dan yang pasti tidak akan lebih dari 17 tahun," ujar CEO Nine Sport Inc, Arief Wicaksono.

Program pemandu bakat dengan hadiah berupa kesempatan berlatih langsung di Spanyol disambut baik oleh PSSI. Deputi Sekjen PSSI, Fanny Riawan, menyebut program tersebut sangat berkesinambungan dengan program PSSI dengan sepak bola usia muda.

"Ada dua hal yang bisa kita dapatkan dari program ini. Pertama, Indra Sjafri memang tengah giat melakukan laga internasional untuk persiapan Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19," ujar Fanny Riawan.

"Sementara yang kedua, program pencarian bakat ini akan mendukung Indonesia untuk bisa meraih target seperti yang diusung Timnas Indonesia U-16, yaitu Garuda Asia. Semoga program ini bisa semakin membantu dan saya sangat berterima kasih kepada Espanyol untuk itu.

Evan Dimas Darmono mengunjungi markas Espanyol (La Liga)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku sangat senang dengan program yang digelar oleh Espanyol di Indonesia. Dengan pengalamannya yang pernah berkeliling Indonesia untuk melakukan talent scouting, arsitek asal Sumatera Barat itu menaruh harapan besar untuk program ini.

"Bagi saya bertambah lagi kepedulian terhadap sepak bola usia muda. Saya merasa bahagia saat ini karena selama enam tahun saya sudah merasakan berkeliling Indonesia dan harus diakui banyak yang lebih hebat dari Evan Dimas. Saya berharap kegiatan di lima kota itu juga melibatkan kota-kota satelit di sekitarnya agar pemain-pemain yang memiliki potensi bisa terjangkau," ujar Indra Sjafri.

Tak hanya menggelar ajang pencarian bakat untuk mendapatkan dua pemain yang akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih langsung di Spanyol, rencananya Espanyol juga akan membawa dua tim yang akan berlaga di Indonesia. Tim utama Espanyol akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 19 Juli 2017. Sementara lima hari sebelumnya, tim reserve Espanyol akan lebih dulu menghadapi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 14 Juli 2017.

 

Video Populer

Foto Populer