Kalkulasi Pelatih Perseru Agar Keluar dari Zona Degradasi Liga 1

Oleh Gatot Susetyo pada 24 Jun 2017, 09:15 WIB
Perseru Serui

Bola.com, Kediri - Pelatih Perseru Serui, Agus Yuwono dan pasukannya harus bekerja keras usai libur Hari Raya Idul Fitri mendatang. Pasalnya, mereka dipatok target harus lepas dari posisi zona merah degradasi pada putaran pertama Liga 1 2017.

Saat ini, Cenderawasih Oranye menempati peringkat ke-16, sangat rawan terdegradasi. Perseru baru mengoleksi enam poin dari 11 pertandingan, mereka kalah jauh dibanding Semen Padang (14 poin) yang tepat ada di atasnya.

Jika lengah, Perseru bisa disodok Persiba Balikpapan dan Persegres Gresik United yang ada di bawah mereka. Sisa tujuh pertandingan putaran pertama nanti, Boman Aime dkk. wajib mengumpulkan poin sebanyak mungkin untuk mengejar target yang dicanangkan manajemen Perseru.

"Terus terang, kami gagal meraih poin pada tiga pertandingan terakhir saat Ramadan ini. Dari target enam poin, kami hanya dapat satu angka saja. Ini yang membuat kami harus bekerja keras di sisa putaran pertama nanti," ungkap Agus Yuwono.

Tugas skuat Perseru memang ekstra berat. Pasalnya, jarak perolehan poin mereka dengan tim terdekat yakni Semen Padang terpaut delapan angka!

"Jika di tiga partai lalu kami bisa memenuhi target, tentu situasinya tak serumit sekarang. Tapi kami harus sikat habis tiga jatah kandang dan bermain maksimal pada empat tandang di sisa putaran pertama," kata Agus Yuwono.

Pada tiga partai kandang nanti, Perseru bakal menjamu Persegres Gresik United, Semen Padang, dan Persib. Sementara itu, mereka harus melawat ke markas Sriwijaya FC, Persipura, Borneo FC, dan Persiba Balikpapan.

Dari kalkulasi Agus Yuwono, Perseru minimal harus bisa menahan rival di posisi bawah saat menghadapi Semen Padang, Persegres Gresik United, dan Persiba Balikpapan.

"Kami harus main total. Kita harus bisa mencuri tim yang ada di atas, dan menginjak rival yang di bawah. Dengan strategi seperti itu, Insya Allah kami bisa lepas dari degradasi," tutur Agus Yuwono.