Sukses


    AFF Tak Bisa Ubah Regulasi Undian Grup di SEA Games 2017

    Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tidak bisa campur tangan dalam persoalan yang dihadapi para peserta cabang olah raga sepak bola di SEA Games 2017, terkecuali Malaysia. Hal itu ditegaskan Sekjen AFF, Azzudin Ahmad.

    Dilansir di situs resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Sabtu (24/6/2017), AFF tidak memiliki kewenangan untuk memengaruhi atau mengubah keputusan yang ditetapkan Panitia SEA Games, dalam hal ini panitia SEA Games ke-29 Malaysia 2017, Masoc.

    "Benar adanya bila Malaysia meminta menerapkan kebijakan sendiri di SEA Games ke-29 2017. Kami tidak bisa ikut campur karena SEA Games berbeda. Hanya Dewan Olimpiade yang bisa, yakni saat para delegasi peserta bertemu dan membuat keputusan akhir bersama," jelas Azzudin Ahmad.

    VFF menulis bila AFF bergeming dengan menegaskan organisasi sepak bola di Asia Tenggara itu tidak berdaya melawan aturan konyol yang diterapkan tuan rumah SEA Games 2017. "Aturan semacam ini memang belum pernah terjadi di sepak bola sebelumnya. Tapi dalam hal ini, AFF tidak bisa berbuat apapun," kata Azzudin Ahmad.

    Seperti diketahui, Panitia SEA Games Malaysia 2017 (Masoc) menetapkan aturan di cabor sepak bola dan futsal yang membuat Vietnam berang. Regulasi itu memberikan kesempatan bagi Timnas Malaysia untuk tidak mengikuti pengundian pembagian grup.

    Dari 11 kontestan di cabor sepak bola SEA Games 2017, semestinya hanya Thailand sebagai unggulan pertama dan Myanmar sebagai unggulan kedua, mengacu pada hasil di SEA Games 2015, yang tidak ikut undian.

    Thailand langsung berada di Grup A dan Myanmar ada di Grup B. Peserta yang lain, sembilan negara, masuk pot undia. Namun, Masoc membuat Timnas Malaysia keluar dari pot undian sehingga hanya delapan tim yang menjalani undian.

    Timnas Malaysia akan memilih grup saat Grup A dan Grup B masing-masing sudah terisi empat peserta. Setelah memilih, dua tim yang tersisa di pot undian akan berada di grup lain yang bukan pilihan Malaysia. 

    Alhasil, Malaysia dipastikan akan mendapat grup dengan jumlah peserta lebih sedikit (lima tim) dan mendapat keistimewaan karena bisa memilih grup yang dianggap ringan dari segi persaingan.

    Meski AFF menegaskan tidak punya kewenangan di SEA Games, VFF juga ngotot ingin membawa persoalan ini ke pertemuan Dewan AFF di Nha Trang, Vietnam, 1 Juli 2017. Sementara pengundian grup sepak bola SEA Games 2017 dijadwalkan dilakukan pada 8 Juli 2017.

     

    Video Populer

    Foto Populer