Sukses


Cara Jitu Mitra Kukar Pantau Latihan Pemain saat Libur

Bola.com, Tenggarong - Tim pelatih Mitra Kukar memberikan pekerjaan rumah bagi seluruh pemain saat menjalani libur Lebaran. Seluruh pemain tim Naga Mekes diwajibkan beraktivitas olahraga demi menjaga kebugaran dan kondisi fisik. Maklum, para pemain diberikan libur sepekan lebih dan dihadapkan dengan jadwal padat seusai Lebaran.

"Kami memang memberikan pekerjaan rumah kepada pemain. Ada lembaran khusus yang diberikan tentang kegiatan latihan yang harus dilakukan saat liburan," kata pelatih Jafri Sastra kepada Bola.com, Minggu (25/6/2017).

Ada beberapa latihan fisik yang harus dijalani guna menjaga kondisi seperti speed endurance dan beep training, serta latihan dengan maupun tanpa bola. Jafri menjelaskan, saat berlatih seluruh pemain wajib merekam aktivitas dalam bentuk video yang dikirimkan setelah berlatih. Nantinya, latihan mandiri akan dicermati pelatih fisik, Asep Suryadi.

Menurut Jafri, langkah tersebut cukup efektif untuk memantau program latihan yang dilakukan pemain. Selain itu, lanjut Jafri, pelatih fisik bisa memberikan masukan jika pola latihan yang dilakukan kurang tepat.

"Jadi kalau pemain kurang paham dengan metode yang diiginkan pelatih fisik, langsung bisa dikonsultasikan. Apalagi saat ini komunikasi cukup mudah melalui telepon seluler," ujar eks juru taktik Persipura Jayapura itu.

Pelatih 54 tahun itu menambahkan meski pemain diharapkan mengirimkan rekaman video, bukan berarti tim pelatih tidak percaya dengan aktivitas latihan mandiri Bayu Pradana dkk. Apalagi sebagai pemain profesional, skuat Mitra Kukar dinilai Jafri sudah mengerti akan kebutuhan latihan.

"Intinya bukan pelatih menaruh curiga. Namun, agar latihan berjalan lebih efektif. Kalau ada kesalahan gerakan atau yang lain bisa segera dibenahi agar latihan pemain lebih tepat guna," tuturnya.

Mitra Kukar saat ini menempati posisi tujuh klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 18 poin dari 11 pertandingan. Seusai Lebaran mereka akan menghadapi tuan rumah Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, 3 Juli 2017.

 

Video Populer

Foto Populer