Sukses


Latihan Perdana usai Lebaran, Persija Kembalikan Kebugaran Pemain

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta sudah menggelar latihan perdana setelah Idul Fitri 2017 di Lapangan Sutasoma 77, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2017) sore. Fokus tim pelatih mengembalikan kebugaran pemain yang baru kembali dari liburan selama delapan hari.

Dalam sesi latihan perdana, hanya kapten Persija, Ismed Sofyan, yang absen. Pelatih Stefano Cugurra Teco menyebut,Ismed mengalami masalah dengan maskapai penerbangan sehingga terlambat kembali ke Jakarta.

Sepanjang latihan berdurasi kurang lebih 90 menit, tim pelatih Persija hanya fokus dengan latihan conditioning dan aerobic. Setelah pemanasan, para pemain menjalani latihan lari berkesinambungan yang dipimpin Pelatih Fisik Persija, Yogie Nugraha. Tak hanya itu, para pemain juga sempat menjalani timbang badan sebelum mulai berlatih.

"Kami baru kembali berlatih dari liburan yang cukup panjang. Hari ini fokus dengan arerobic dulu. Semua pemain yang ikut latihan hari ini bagus kondisinya. Semua baik-baik saja," ujar Stefano Teco usai sesi latihan berakhir.

Sementara itu, Yogi Nugraha mengatakan hasil timbang badan yang dilakukan terhadap pemain Persija hasilnya cukup memuaskan. Pelatih Fisik Persija itu menyebut hasil timbang badan membuktikan selama liburan para pemain telah menjalani program latihan yang diberikannya.

"Untuk hasil tes timbang badan, hasilnya 99 persen pemain luar biasa. Mereka profesional dan kami tidak kecewa. Hanya ada satu atau dua pemain yang naik berat badannya dan itu pun hanya kurang dari satu kilogram dan itu normal. Kami anggap tidak ada masalah," ujar Yogie.

"Artinya selama liburan delapan hari para pemain benar-benar menjaga kebugarannya. Mereka melakukan program yang kami berikan selama liburan dan itu tidak bisa dibohongi karena jika tanpa olahraga dan makan tidak teratur, berat badan pasti naik," katanya,

Ketika menjalani latihan, sejumlah pemain Persija diwajibkan untuk menjaga ritme berlari dengan Sutanto Tan, gelandang Persija yang dijadikan patokan. Namun, dengan nada bercanda, banyak pemain yang mengingatkan kepada pemain lain yang berlari lebih cepat untuk menyesuaikan diri dengan Sutanto Tan.

Yogie Nugraha pun tidak membantah ada banyak pemain yang kondisinya belum stabil. Namun, menurutnya hal tersebut masih bisa dimaklumi karena latihan tersebut adalah yang pertama sejak liburan panjang.

"Saya akui ada beberapa pemain kondisinya belum stabil. Kami memaklumi dan tidak mengambil tes Vo2max hari ini karena ada pemain yang baru pulang tadi pagi. Hal tersebut akan memengaruhi. Oleh karena itu kami hari ini hanya melakukan latihan conditioning," ujar Yogie Nugraha.

Persija Jakarta akan menjalani laga tandang kontra Persegres Gresik United dalam laga pekan ke-12 Liga 1 2017 pada Selasa (4/7/2017). Selama tiga hari ke depan, Stefano Teco akan mengadakan latihan dua kali sehari agar kondisi fisik dan kebugaran pemain segera kembali sehingga tim berjulukan Macan Kemayoran itu bisa mempersiapkan latihan taktikal sebelum berangkat ke Gresik.

 

 

Video Populer

Foto Populer