Sukses


Penjelasan PT LIB soal Penangguhan Regulasi Pemain U-23 Liga 1

Bola.com, Jakarta - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menangguhkan sementara regulasi pemain U-23 yang diterapkan di Liga 1 2017 hingga 30 Agustus 2017. Alasan tidak meratanya pemain-pemain muda yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 menjadi pertimbangan.

COO PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalomboboy, menjelaskan penangguhan regulasi tersebut merupakan keputusan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

Melalui surat bernomor 155/LIB/VI/2017, PT Liga Indonesia Baru menegaskan penangguhan regulasi pemain U-23 dalam Liga 1 2017. Dalam empat poin yang tertulis dalam surat tersebut, diungkapkan regulasi memainkan pemain di bawah usia 23 tahun akan ditangguhkan mulai 3 Juli 2017 hingga 30 Agustus 2017.

Keputusan itu diambil setelah PSSI mempertimbangkan beberapa hal terkait, yaitu tidak adanya proses seleksi untuk pemain karena pemain Timnas untuk SEA Games 2017 dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 sudah didaftarkan ke AFC. Tidak meratanya jumlah pemain yang diambil dari masing-masing klub membuat PSSI melihat ada aspek keadilan yang harus diambil.

Konsekuensi dari implementasi itu adalah berubahnya jumlah pergantian pemain menjadi tiga kali pergantian dan jumlah pemain cadangan menjadi tujuh pemain. Regulasi penggunaan pemain U-23 akan kembali dijalankan pada 1 September 2017 hingga Liga 1 2017 berakhir.

Keputusan tiba-tiba tersebut menimbulkan pertanyaan karena sebelumnya klub sudah mengeluhkan regulasi tersebut sejak awal Liga 1 2017 bergulir. Ada kemungkinan desakan dari klub peserta Liga 1 2017 membuat PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru mengambil keputusan tersebut.

Namun, Tigor Shalomboboy, kepada Bola.com, menegaskan PT Liga Indonesia Baru hanya menjalankan apa yang menjadi keputusan PSSI. Selain itu, Tigor mengungkapkan tiga aspek yang menjadi pertimbangan penghapusan sementara regulasi tersebut.

"Kami disurati PSSI untuk menjalankan penangguhan penggunaan pemain U-23 dalam periode 3 Juli hingga 30 Agustus. Jadi keputusan ini semua datang dari PSSI," ujar Tigor kepada Bola.com.

"Ada tiga aspek yang memunculkan keputusan ini. Pertama, Timnas Indonesia sudah terbentuk. Kedua, demi keadilan dalam kompetisi Liga 1 2017. Kemudian alasan ketiga adalah agar kualitas kompetisi tetap terjaga karena setiap klub bisa memainkan semua pemain yang telah didaftarkan," lanjutnya.

 

Video Populer

Foto Populer