Sukses


Prediksi Persib Vs PSM: Penegasan The Dream Team Sesungguhnya

Bola.com, Bandung - Bagi PSM Makassar, duel melawan Persib Bandung di Stadion Bandung Lautan Api, Rabu (5/7/2017), bukan sekadar uji kapasitas sebagai pimpinan klasemen sementara Liga 1 tapi juga menata mental tandang mereka yang labil.

Dari lima partai tandang, Juku Eja hanya mengemas satu kemenangan, dua imbang, dan dua kalah. Malah pada tiga terakhir, PSM hanya meraup satu poin ketika menahan tuan rumah Persegres Gresik 1-1 (31/5/2017).

Selebihnya, mereka terpuruk di tangan PS TNI 1-2 (15/5/2017) dan Semen Padang 1-2  (8/6/2017).

Fakta ini jelas tidak bisa dijadikan modal menghadapi Persib Bandung yang belum terkalahkan di kandang sendiri.

Tapi, Robert Alberts, pelatih PSM tetap yakin skuatnya bisa mencuri poin di Bandung. "Bagi saya hasil sebelumnya adalah masa lalu. Karena, kalau saya melihat ke belakang, PSM bisa terlena," kata Robert.

Nakhoda asal Belanda itu dan PSM memang pernah menekuk Persib Bandung dengan skor 2-1 pada Indonesia Super League (ISL) 2010-2011 di Stadion Siliwangi. "Fokus kami saat ini adalah merealisasikan target manajemen yakni membawa tiga poin dari Bandung," tegasnya.

Penangguhan aturan pemain U-23 membuat Robert menata ulang strateginya. Khususnya terkait dengan formasi starter. Meski Tim Ayam Jantan dari Timur bisa menurunkan pemain terbaiknya, sang mentor tetap mengisyarakatkan akan memberikan kesempatan kepada M. Arfan, salah satu pemain U-23 jadi starter.

Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim dalam pertandiingan penyisihan grup Piala Presiden 2017 antara Persib Bandung vs PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat (6/2/2017). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Pada latihan terakhir PSM di Stadion Andi Mattalatta, Senin (3/7/2017), Arfan tetap masuk dalam skuat inti. Sementara itu seniornya, Rizky Pellu di tim kedua.

Satu pemain senior lagi yakni Syamsul Chaeruddin malah tidak diboyong ke Bandung. "Sejak awal saya katakan, saya memainkan pemain sesuai strategi yang ingin diterapkan. Bukan karena status usianya," papar Robert.

Di sisi lain, pelatih yang sukses mengantar Arema juara ISL 2009-2010 itu berharap, Ferdinand Sinaga membuktikan kemampuannya sebagai salah satu penyerang papan atas Indonesia.

"Ferdinand pernah menjadi pemain terbaik ISL 2014 dan juara bersama Persib Bandung. Tapi, saya yakin, dia akan bersikap profesional dengan membawa PSM meraih kemenangan di Bandung," juar Robert.

2 dari 3 halaman

Pikul Beban Bersama

Pertandingan Tim Maung Bandung kontra Juku Eja diyakini bakal menarik. Kedua tim sama-sama banjir pemain berkualitas.

Persib, yang bertindak sebagai tuan rumah amat membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di jajaran klasemen. Tim Pangeran Biru saat ini ada di peringkat 14 berjuang bangkit kembali ke jalur persaingan juara. PSM juga ingin menjaga posisi puncak yang mereka nikmati saat ini. 

Asisten Pelatih Persib Bandung, Herrie Setyawan mengatakan saat ini para penggawanya dalam keadaan siap tempur meski tidak akan diperkuat empat pemain andalannya Gian Zola Nasrulloh, Febri Hariyadi, Sergio van Dijk, dan Carlton Cole.

"PSM bukan tim sembarangan, mereka saat ini ada di posisi teratas klasemen Liga 1 2017. Saya mewanti-wanti kepada pemain untuk bisa fokus sepanjang laga. PSM juga ingin menjaga jarak dengan pesaing, jadi bisa dipastikan mereka bakal tampil agresif walau berstatus sebagai tamu," ungkap Herrie yang akrab disapa Jose tersebut.

Jose sangat berharap kemenangan atau raihan tiga poin didapatkan. Pasalnya dengan kemenangan itu membuat motivasi pemain dalam menghadapi laga selanjutnya akan terangkat dengan sendirinya. 

"Apalagi kami ini main di kandang sendiri. Bobotoh tidak akan bisa menerima pencapaian negatif. Tapi saya berharap para pemain tidak tegang. Jangan jadikan status PSM dan kewajiban menang beban. Kita  pikul sama-sama rintangan berat ini," tutur Herrie Setyawan.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persib (4-2-3-1): I Made Wirawan (Kiper); Supardi Nasir, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto (Belakang); Hariono, Michael Essien; Billy Keraf, Shohei Matsunaga, Atep (Tengah); Angga Febryanto (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM (4-3-3): M. Syaiful (Kiper); Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Fatur Rahman (Belakang); Marc Klok, Wiljan Pluim, M. Arfan (Tengah); M. Rahmat, Reinaldo da Costa, Ferdinand Sinaga (Depan)

Pelatih: Robert Rene Alberts

Video Populer

Foto Populer