Sukses


Liga 1 U-19 Dimulai, Tantangan Baru bagi PSSI

Bola.com, Bekasi - PSSI meresmikan Liga U-19 2017 pada Sabtu (8/7/2017) pada jeda pertandingan antara Persija U-19 melawan Sriwijaya FC U-19 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi. Dalam laga tersebut, Persija dan Sriwijaya FC berbagi angka setelah duel berakhir dengan skor 1-1.

Kompetisi U-19 merupakan edisi perdana karena pada musim-musim sebelumnya digelar kompetisi U-21. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menegaskan, kompetisi U-19 menjadi tantangan baru bagi PSSI. Terutama untuk mencetak generasi baru Timnas Indonesia yang berasal dari pembinaan klub.

"Yang terjadi di Indonesia sebelumnya terbalik, tim pelatih timnas selalu berkeliling mencari pemain. Saya berharap dengan adanya kompetisi usia muda, nanti pemain timnas terbentuk dari klub-klub dan pemain yang sudah matang di kompetisi," kata Edy.

PSSI juga menghadapi tantangan baru dalam kompetisi U-19, yakni dari sisi euforia penonton. Pasalnya, seperti yang terjadi sebelumnya, kompetisi usia muda kurang diminati penonton.

"Esensi dari sepak bola salah satunya adalah hiburan, tetapi untuk kompetisi U-19 sasaran utamanya adalah pembinaan pemain yang muaranya ke timnas," imbuhnya.

Liga 1 U-19 diikuti 18 tim yang berkompetisi di Liga 1. 18 tim dibagi menjadi tiga grup. Grup 1 dihuni Semen Padang, Sriwijaya FC, PS TNI, Persija, Persib, dan Bhayangkara FC. 

Persela, Madura United, Persegres Gresik United, Bali United, dan Barito Putera berada di Grup 2. Sementara Grup 3 diisi Persipura, Borneo FC, Mitra Kukar, Persiba, PSM, dan Perseru.

"Khusus Grup 3 kami pertimbangkan lokasi dan dipusatkan di Balikpapan dengan sistem home tournament," katanya.

Juara Liga 1 U-19 akan mendapat hadiah Rp 300 juta, runner-up 200 juta dan peringkat ketiga mendapat Rp 100 juta. 

 

Video Populer

Foto Populer