Sukses


    3 Pesaing Berat Timnas Indonesia di SEA Games Versi Ferril Hattu

    Bola.com, Jakarta - Hasil undian SEA Games 2017 menempatkan Indonesia masuk dalam grup neraka. Indonesia satu grup dengan Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Di atas kertas, ada tiga tim kuat yang bisa menjadi batu sandungan anak buah Luis Milla.

    Hal itu dibenarkan oleh Ferril Raymond Hattu. Kapten Timnas SEA Games Indonesia tahun 1991 menyebut Thailand, Vietnam dan Filipina merupakan tim-tim kuat. Indonesia selalu kesulitan menghadapi tim-tim ini.

    "Thailand adalah kekuatan terbesar di Asia Tenggara. Mereka selalu memiliki tim kuat di setiap gelaran SEA Games. Kekuatan yang sama dipunyai Vietnam. Seperti di banyak ajang selevel Asia Tenggara, Vietnam kerap masuk dalam daftar tim favorit juara," ujar pria yang mengantarkan Indonesia menjuarai SEA Games 1991 dengan mengalahkan Thailand di final itu.

    Di matanya, level Thailand masih di atas tim-tim Asia Tenggara lainnya. Ia meyakini, SEA Games bukan lagi prioritas bagi tim Negeri Gajah Putih itulah yang membedakan Thailand dengan tim-tim Asia Tenggara lainnya. Sehingga wajar bila Thailand memiliki tingkat permainan di atas tim-tim negara serumpun.

    Untuk Filipina, Indonesia juga patut waspada. Menurut Ferril, perkembangan sepak bola Filipina dalam beberapa tahun terakhir berkembang sangat pesat. Tak tertutup kemungkinan, di SEA Games kali ini Filipina menjadi kuda hitam di Grup B.

    "Sepak bola Filipina sudah maju pesat. mereka akan menjadi lawan yang tangguh bagi siapa saja, termasuk Indonesia. Tidak akan mudah bagi Timnas Indonesia untuk bisa melewati hadangan mereka," tuturnya.

    Bukan hanya Filipina, menurut Ferryl, Timor Leste dan Kamboja juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Timnas kedua negara ini juga perlahan-lahan menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal itu bisa dilihat dari penampilan mereka di berbagai ajang level Asia Tenggara maupun sejumlah pertemuan terakhir dengan Indonesia.

    Jika di tahun 2010 ke bawah Indonesia bisa menang telak atas mereka, kali ini Indonesia hanya menang dengan skor tipis. Ini membuktikan bahwa kekuatan tim-tim di Asia Tenggara mulai merata. Jika tidak bekerja ekstra keras di setiap pertandingan, Timnas Indonesia bisa tersisih di babak-babak awal.

    Namun Ferril juga optimistis Indonesia punya peluang yang sama dengan semua rivalnya di Grup B untuk lolos ke babak berikutnya. Asal mau bekerja keras dan bermental bagus, ia percaya Timnas Indonesia bisa mengalahkan semua lawannya, termasuk dua tim terkuat, Thailand dan Vietnam.

    Video Populer

    Foto Populer