Aji Santoso Tak Percaya Arema Kalah dari Persipura

Oleh Iwan Setiawan pada 17 Jul 2017, 05:15 WIB
Arema FC

Bola.com, Malang - Arema FC menelan kekalahan pertama di kandang sendiri setelah takluk 0-2 dari Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (16/7/2017). Dua gol kemenangan Persipura dicetak Ruben Sanadi dan Yan Pietr Nasadit.

Seusai pertandingan, pelatih Arema FC Aji Santoso tidak percaya dengan kekalahan yang dialami timnya. "Kami tidak menyangka bisa kalah dua gol. Tapi permainan Arema tidak seperti biasanya malam ini. Banyak kesalahan mendasar yang dilakukan," kata Aji.

Arema kesulitan lepas dari pressing ketat yang dilakukan Persipura sejak menit awal. Situasi itu membuat pemain Arema justru melakukan kesalahan sendiri.

Padahal jika dilihat dari waktu recovery, pemain Arema lebih fit dari Persipura. Tuan rumah hanya melakoni perjalanan dari Gresik ke Malang, sedangkan Persipura dari Bekasi ke Jayapura dan dilanjutkan ke Malang.

Dari evaluasi yang dilakukan tim pelatih Arema, mayoritas pemain kurang melakukan antisipasi. Gol pertama yang dicetak Ruben Sanadi pada menit ke-19 seharusnya tidak terjadi. Namun tidak ada yang mengantisipasi jika mantan pemain Pelita Jaya itu akan melakukan shooting langsung dari sudut kanan pertahanan Arema.

"Meiga juga sepertinya tadi mengantisipasi jika Ruben akan melakukan crossing, namun ternyata dia melepaskan shooting langsung," kata Aji.

Gol kedua yang dicetak Persipura pada menit ke-84 juga tercipta karena kurang antisipasi terhadap munculnya Yan Pietr lewat tendangan penjuru. "Kami harus segera kembalikan motivasi pemain. Kami harus habis-habisan pada dua pertandingan sisa putaran pertama," kata Aji.

Kekalahan ini membuat Arema gagal memuncaki klasemen sementara Liga 1. Tim Singo Edan justru turun ke posisi keempat dan berpotensi kembali ke papan tengah jika beberapa tim dibawahnya memetik kemenangan.

Sebelum dipermalukan Persipura, Arema sedang dalam tren positif setelah tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.