3 Pelatih yang Bisa Menggantikan Djanur di Persib

Oleh Defri Saefullah pada 16 Jul 2017, 23:50 WIB
Djadjang Nurdjaman

Jakarta, - Djadjang Nurdjaman atau akrab disapa Djanur resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Persib Bandung. Kekalahan 1-2 Persib dari Mitra Kukar pada Sabtu (15/7/2017) menjadi penguat Djanur untuk mundur dari posisi pelatih.

Ini menjadi akhir pahit bagi pria asal Majalengka ini. Pernah juara sebagai pemain dan juga pelatih, Persib tentu tidak akan pernah jauh dari hati Djanur. Namun, hasil buruk yang dituai tim Maung Bandung jadi pemicu yang tidak bisa ditolaknya.

Sejak awal musim, Djanur seperti mulai dibebani banyak masalah. Salah satunya kesulitan menang di laga kandang dan juga minimnya striker. Khusus striker, Persib memang sudah lama mengalami masalah.

Namun di Liga 1, masalah itu seakan bertambah kuat dan ibarat menjadi kanker yang menggerogoti Persib. Saat striker tunggal Sergio van Dijk cedera, Djanur tak punya pilihan lain kecuali Charlton Cole.

Setelah Djanur, siapa saja pelatih yang pantas menggantikannya? Berikut tiga pelatih yang pantas dijadikan pertimbangan untuk mengggantikan Djanur di Persib:

 

1 of 4

3. Indra Sjafri

Indra Sjafri
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menukangi Persib Bandung. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pelatih asal Sumatra Barat ini memang masih menangani Timnas Indonesia U-19. Kiprah Indra Sjafri lebih tersohor dengan timnas ketimbang klub.

Saat menangani Bali United, Indra Sjafri belum mampu mengangkat tim asal Pulau Dewata itu ke papan atas. Meski begitu, Indra Sjafri mencoba bangun pilar-pilar pemain muda di tim berjulukan Serdadu Tridatu.

Pengalaman melatih di level timnas patut menjadi pertimbangan bagi Persib untuk mencoba merekrutnya. Bagaimanapun, Indra Sjafri sudah paham betul dengan atmosfer sepak bola Indonesia.

Paling mungkin, Persib bisa dapatkan pelatih asal Pesisir Selatan ini saat Timnas Indonesia U-19 rampung mengikuti kualifikasi Piala AFC U-19 2018, November 2017.

2 of 4

2. Benny Dollo

Benny Dollo
Mantan pelatih Sriwijaya FC, Benny Dollo, bisa jadi kandidat pengganti Djadjang Nurdjaman di Persib Bandung. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Salah satu pelatih senior yang dimiliki Indonesia. Benny Dollo atau Bendol sudah pernah menangani beberapa klub papan atas seperti Arema FC, Persija dan Sriwijaya FC.

Bendol paling sukses saat membawa Arema juara Copa Dji Sam Soe dan juga turut membawa tim kebanggaan arek Malang itu ke Divisi Utama pada 2004. Saat ini, kabar Benny Dollo melatih tim mana belum diketahui. Kemungkinan Bendol masih menganggur sehingga paling mungkin untuk dikontrak untuk mengggantikan Djanur sekarang.

Terakhir, Bendol sempat dilirik Persela dan PSM Makassar. Namun, kedua klub itu pun tidak jadi mengontrak Bendol sebagai pelatih. Bendol berpengalaman besut Timnas Indonesia pada 2008.

Karakter keras dan disiplin bisa membawa perubahan di tubuh Persib. Mungkinkah Bendol dilirik Persib?

3 of 4

1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan
Pelatih T-Team, Rahmad Darmawan, bisa menjadi pelatih yang pas untuk menukangi Persib Bandung. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Inilah salah satu pelatih yang paling diinginkan banyak klub di Indonesia. Saat ini, Rahmad Darmawan masih terikat dengan klub asal Malaysia, T-Team.

Persib bisa saja mencoba mendekati Rahmad Darmawan untuk dijadikan pelatih anyar. RD bukan sekali ini dibidik Persib. Pada 2011, Persib berminat untuk merekrut RD meski tidak terealisasi.

Soal pengalaman, Rahmad Darmawan sudah terbiasa melatih klub-klub besar di Indonesia. Berawal dari kota tempat tinggalnya, Persikota, RD lalu bertualang dengan Sriwijaya FC. Dengan klub asal Palembang ini, RD sukses memberikan prestasi juara Divisi Utama 2007-2008 dan Copa Indonesia, tiga kali.

Dia lalu pindah ke Persija sebelum direkrut Arema. Sempat latih Persebaya dan kembali ke Persija, RD akhirnya melatih T-Team hingga sekarang. Melihat pengalamannya yang segudang, RD layak jadi kandidat kuat pengganti Djanur.

Lanjutkan Membaca ↓
CherouveimCherouveim

Coach @PERSIB M. Zein Alhadad

Rully WijayakusumaRully Wijayakusuma

ga tiga2nya deh...