Eks Pemain Timnas Ramai-ramai Ikuti Kursus Lisensi A AFC

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 17 Jul 2017, 12:15 WIB
Seto Nurdiyantoro

Bola.com, Yogyakarta - Beberapa mantan pesepak bola nasional serta pemain bintang yang masih aktif bermain ramai-ramai berencana mengikuti kursis kepelatihan lisensi A AFC mulai 29 Juli 2017. A AFC merupakan lisensi dengan level tertinggi di Asia dan sebagai syarat utama untuk bisa melatih tim di Liga 1.

Beberapa nama yang turut serta adalah dua eks striker Timnas Indonesia, Seto Nurdiyantoro dan Kurniawan Dwi Yulianto, ada pula Yeyen Tumena, Yusuf Ekodono, Ponaryo Astaman, Nova Arianto, hingga mantan kapten Arema Malang, I Putu Gede.

Seto Nurdiyantoro mengakui masuk daftar peserta lisensi. Hanya, mantan striker Timnas Indonesia di Piala AFF 2000 itu belum mengetahui secara pasti nama-nama yang lolos seleksi.

"Sementara memang masih kandidat yang diumumkan PSSI. Namun, belum tahu nanti yang diberangkatkan berapa," kata Seto.

Pelatih 43 tahun itu mengawali kiprah sebagai pelatih PSIM Yogyakarta di tahun 2013-2015. Dua tahun silam, mantan bintang Pelita Solo itu mengalihkan petualangan bersama Pra PON DIY, sebelum berlanjut meracik PSS Sleman di pentas ISC B tahun lalu. Tangan dingin Seto mampu membawa tim Super Elang Jawa jadi runner-up turnamen jangka panjang tersebut.

Seto mengaku saat ini tidak melakukan persiapan khusus menghadapi kursus tersebut. Sebab, dirinya masih mendampingi pelatih Freddy Muli untuk persiapan menghadapi putaran kedua Liga 2 di PSS. Meski demikian, Seto mengaku tetap optimistis bisa lolos mengikuti pelatihan untuk mendapatkan lisensi A AFC.

Saat ini Seto Nurdiyantoro sudah mengantongi lisensi B AFC yang menjadi syarat untuk melatih tim di Liga 2. "Saya hanya berusaha saja, mudah-mudahan lolos," ucapnya.