Sukses


PSM Setuju Penggunaan Wasit Asing di Liga 1

Bola.com, Makassar - Munafri Arifuddin, CEO PSM Makassar, mengungkapkan dirinya mendukung adanya wacana pemakaian wasit asing di Liga 1 yang dimunculkan PSSI dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru.

"Wacana ini menarik sekaligus tamparan buat wasit lokal," ujar Munafri seusai menyaksikan latihan reguler tim Juku Eja di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Kamis (20/7/2017).

Menurut Munafri, dengan munculnya wacana itu berarti ada dua kesimpulan yang bisa ditarik yakni kualitas wasit Indonesia jelek dan jumlahnya tidak banyak. "Saya berharap kalau wacana ini terwujud, wasit lokal sebaiknya menerima dan belajar," tegas Munafri.

Munafri menambahkan sepanjang pengamatannya banyak keputusan aneh yang dibuat oleh wasit lokal saat memimpin pertandingan di Liga 1.

"Mungkin wasitnya tidak bermaksud merugikan tim yang bertanding. Tapi, kurang jeli saja dalam mengambil keputusan," papar Munafri.

Di lain pihak, Munafri melontarkan kritik terhadap Komisi Disiplin yang terkesan arogan dalam mengambil keputusan. Dia merujuk sanksi teranyar yang diterima PSM yang melibatkan Robert Alberts, Hamka Hamzah, dan panpel Makassar. 

"Komdis langsung membuat keputusan tanpa memanggil pihak yang terkait. Sebaiknya, kami dipanggil dulu sebelum membuat keputusan," tegas Munafri.

Sebelumnya Komdis menjatuhkan sanksi berupa denda uang Rp 10 juta kepada Robert yang dinilai melakukan protes berlebihan saat PSM dijamu Persib pada pekan ke-12.

Sementara Hamka mendapat sanksi larangan tampil dua partai plus denda Rp 75 juta karena dinilai melakukan tindakan provokatif dengan mengacungkan jari tengah ke bobotoh Persib.

Terakhir, panpel PSM diganjar Rp 15 juta karena dianggap lalai menjalankan tugas sehingga ada oknum suporter yang masuk ke area lapangan dan melakukan tindakan provkatif kepada kubu Bhayangkara FC.

Pada kesempatan itu, Munafri juga membenarkan PSM akan mendatangkan sejumlah pemain utuk menambah kekuatan menghadapi persaingan di putaran kedua.

"Mungkin kami akan menambah sampai empat pemain. Tapi, soal pastinya, tunggu setelah PSM bertandang ke Bali United," jelas Munafri.

Sejauh ini, PSM baru melepas striker muda, Andri Faizal Amru, yang dipinjamkan ke Cilegon United. "Andri tampil bagus di PON 2016 lalu. Sayang dia minim jam terbang di PSM," pungkas Munafri mengakhiri pembicaraan.

 

Video Populer

Foto Populer