Sukses


PT LIB Tunggu PSSI Terkait Penggunaan Wasit Asing

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi masih menunggu PSSI terkait urusan administrasi dengan negara asal wasit yang akan digunakan untuk memimpin pertandingan Liga 1 2017.

Sebelumnya PT LIB mengumumkan akan menggunakan jasa wasit asing pada putaran kedua Liga 1 2017. Keputusan tersebut tidak lepas dari banyaknya keluhan terhadap kinerja perangkat pertandingan dari banyak klub Liga 1 2017.

Wacana yang telah diputuskan itu pun dalam progres yang baik. PT LIB pun saat ini hanya tinggal menunggu konfirmasi dari PSSI terkait administrasi dengan federasi asal wasit asing yang akan digunakan.

"Seperti yang sudah diputuskan pekan lalu, wacana wasit asing sudah dipastikan dan sekarang masih menunggu PSSI terkait administrasi dengan federasi negara yang berpotensi mengirimkan wasit ke Indonesia. Kami masih menunggu, mudah-mudahan ada jawaban pekan ini dari mereka yang didekati sehingga bisa kami tugaskan di putaran kedua," ujar COO PT LIB, Tigor Shalomboboy, Senin (24/7/2017).

Soal penggunaan wasit asing ini, Tigor juga mengungkapkan bahwa ada sejumlah hal yang belum bisa dikonfirmasi, seperti negara-negara asal yang didekati oleh PSSI serta penjadwalan wasit asing tersebut saat memimpin pertandingan di Indonesia mengingat hal tersebut akan berkaitan dengan fasilitas yang disediakan untuk mereka.

"Semoga tidak ada kesulitan. Mungkin kalaupun ada adalah jadwal mereka untuk bisa datang ke sini. Kami masih melihat apakah setelah bertugas mereka langsung kembali ke negara asal atau tetap di Indonesia. Untuk fasilitas, kami belum membahasnya sampai ke sana," ujar Tigor.

Rencananya penggunaan wasit asing hanya akan diberlakukan sebanyak 50 persen pertandingan di putaran kedua Liga 1 2017. Sementara itu, wasit-wasit lokal akan mengisi slot 50 persen tersisa. Namun, tentu saja dengan penilaian kualifikasi berstandar tinggi agar kualitas kompetisi tetap terjaga dengan baik.

"PT LIB dan PSSI selalu berkoordinasi. Setelah putaran kedua akan ada tim penilai wasit. Akan ada sistem wasit dari penilai yang menentukan apakah wasit tersebut di level tinggi, tengah, atau bawah. Wasit asing yang akan digunakan di sini pun akan tetap kami evaluasi," ujar Tigor.

 

 

Video Populer

Foto Populer