Sukses


Wasit Australia dan Kirgizstan Bersiap Jajal Liga 1 Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan sudah mendapatkan dua set wasit asing yang akan memimpin pertandingan Liga 1 2017 di putaran kedua. Wasit asing yang didapatkan oleh PSSI datang dari Australia dan Kirgizstan.

Kepastian penggunaan wasit asing untuk memimpin pertandingan Liga 1 2017 telah diumumkan oleh Sekjen PSSI. Ratu Tisha menyebut akan hadir dua set wasit, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit, untuk tahap pertama.

"PSSI telah menetapkan periode penggunaan wasit asing. Setiap periode terhitung dua pekan. Periode pertama pada 2-15 Agustus, dan periode kedua 14 hari selanjutnya dan terus dihitung 14 hari untuk periode berikutnya.

Ada dua FIFA referee dan empat asisten wasit. Dua set wasit itu berasal dari Australia dan Kirgizstan. Mereka diproyeksikan tiba pada 2 Agustus 2017.

Ratu Tisha juga menekankan wasit FIFA yang akan bekerja di periode pertama menjadi role model. Jika ada jeda waktu, rencananya juga akan ada diskusi yang dilakukan oleh pengadil asing untuk berbagi pengalaman menangani pertandingan.

2 dari 2 halaman

Paket Wasit Asing

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru sebelumnya mengungkapkan kebutuhan adanya sekitar lima sampai enam set wasit asing untuk memimpin selama putaran kedua Liga 1 2017 berlangsung. Namun, PSSI mengaku sudah menghubungi sejumlah federasi negara dan hanya tinggal menantikan jadwal yang tepat.

"Khusus untuk wasit FIFA itu ada yang berasal dari Uzbekistan, Jerman, Vietnam, China, Korea Selatan dan lain-lain. Hanya masalah waktu saja untuk bisa mendatangkan mereka karena di setiap negara jadwal liga itu berbeda-beda. Jadi kemungkinan bisa datang dua set dulu meski PT LIB meminta lima set wasit," ujar Ratu Tisha.

Sekjen PSSI itu juga mengungkapkan bahwa program penggunaan wasit asing ini akan diuji coba selama kurang lebih tiga periode, atau sekitar enam pekan. Selain itu Ratu Tisha juga menekankan bahwa program penggunaan wasit impor itu akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya.

"Setelah uji coba akan kita evaluasi lagi. Penggunaan wasit asing ini jangan sampai hanya menjadi satu hal yang lebih baik saja, tapi juga harus direncanakan program pertukaran. Suatu saat nanti wasit Indonesia yang akan memimpin pertandingan di luar," ujar Ratu Tisha.

Bicara soal kontrak yang diberikan PSSI untuk wasit-wasit asing yang akan memimpin pertandingan Liga 1, Ratu Tisha menjawab, "Kami kontrak per periode."

 

 

Video Populer

Foto Populer