Sukses


Bobotoh Lega Langkah Awal Perdamaian dengan Jakmania Terwujud

Bola.com, Bandung - Perdamaian antara bobotoh Persib dan The Jakmania perlahan mulai mendekati kenyataan. Setidaknya, hal ini terlihat dari aksi menyalakan 1.000 lilin tanda duka cita atas meninggalnya Ricko Andrean, yang dilakukan suporter dari Persib Bandung dan Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (28/7/2017) malam.

Tidak hanya itu, kedua suporter saling membentangkan syal dan sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Tanah Air Beta bersama-sama.

Salah satu pengurus Viking Persib Club (VPC), Agus Rahmat, mengaku sangat lega akhirnya ada aksi nyata yang dilakukan demi mewujudkan perdamaian bobotoh Persib dengan The Jakmania.

"Ini merupakan aksi nyata yang baik menuju perdamaian. Apalagi disitu kan daerah yang rawan, di mana kedua suporter memiliki wilayah yang sangat dekat. Saya respek sekali dengan acara itu," ujar Agus, Sabtu (29/7/2017).

Pria yang akrab disapa Gusdul ini berharap kegiatan tersebut bisa dijadikan contoh di daerah lain agar perdamaian antara bobotoh dan The Jakmania bisa benar-benar terwujud secara keseluruhan sehingga tidak lagi ada korban yang berjatuhan akibat rivalitas kedua suporter ini.

Agus Rahmat berharap cukup Ricko Adrean yang menjadi korban terakhir dari ketidakharmonisan bobotoh dan The Jakmania yang selama ini terjadi.

"Jangan pernah ada lagi gesekan-gesekan untuk bobotoh dan The Jakmania. Bahkan untuk seluruh Indonesia. Stop kekerasan dalam sepak bola," tegasnya.

Kematian Ricko Andrean menjadi cambuk bagi kedua suporter baik bobotoh maupun The Jakmania. Mereka tifak ingin korban berjatuhan akibat rivalitas sempit yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini.

Ricko meninggal akibat dikeroyok oknum bobotoh karena dikira anggota The Jakmania saat laga Persib kontra Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Sabtu (22/7/2017).

Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit dan mengalami perawatan intensif selama lima hari di RS Santo Yusuf, Bandung, nyawa bobotoh Persib itu tidak tertolong. Ricko meninggal dunia pada Kamis (27/7/2017).

 

Video Populer

Foto Populer