Sukses


Bonek Sambut Positif Aksi Damai Bobotoh dan Jakmania di Bekasi

Bola.com, Surabaya - Dedengkot Bonek Mania, Hasan Tiro, menyambut positif ikrar damai yang dilakukan bobotoh Persib Bandung dan The Jakmania di Bekasi dan Karawang.

Hasan menilai, inisiatif yang diambil Bobotoh dan The Jakmania adalah langkah yang baik bagi kedua kelompok suporter ini. Ia mengaku salut dengan upaya perdamaian yang akhirnya bisa tercapai, walau belum dilakukan oleh semua.

"Apa yang mereka lakukan itu membutuhkan jiwa besar. Saya yakin tidak mudah pada awalnya, karena keduanya sama-sama kelompok suporter dengan masa yang sangat besar," puji Hasan.

Perdamaian antara kedua kelompok suporter ini menurut Hasan patut dicontoh oleh kelompok suporter yang lain. Hasan menyatakan, sudah bukan saatnya lagi bentrok antarsuporter terus terulang. Apalagi sampai memakan korban nyawa pada salah satu atau kedua kelompok suporter.

Namun Hasan mengingatkan Bobotoh dan The Jakmania, bahwa ikrar perdamaian kedua kelompok suporter tidak bisa berhenti hanya di satu momen saja. Sosialisasi ke akar rumput musti mereka lakukan. Memupuk dan menjaga hubungan baik harus terus diupayakan. Silaturahmi kedua kelompok suporter harus dilakukan.

"Di level pengurus dan pentolan sudah selesai, belum tentu di bawah. Tapi semoga untuk kali ini bisa sampai ke bawah. Untuk itu, kabar baik ini perlu disebarluaskan agar semua anggota kedua elemen suporter tahu bahwa sudah ada kesepakatan ini," tutur Hasan.

Bonek sudah lebih dulu menjalin perdamaian dengan The Jakmania. Bahkan ketika Bonek ke Jakarta untuk memperjuangkan hak Persebaya, The Jakmania menerima dengan baik, begitu pula saat giliran ratusan The Jakmania transit di Surabaya tahun lalu. Beberapa pentolan Bonek menyempatkan datang ke Stasiun Gubeng untuk menjamin keamanan The Jakmanka yang akam tur ke Malang.

"Tidak ada loyalitas seharga nyawa. Tidak layak nyawa melayang karena aksi-aksi brutal salah satu pihak. Harus kita akhiri," tambah Dadang, salah satu dedengkot bonek lainnya.

Video Populer

Foto Populer