Sukses


Bobotoh Persib Deklarasikan Perdamaian dengan The Jakmania

Bola.com, Bandung - Bobotoh Persib Bandung yang tergabung ke dalam Viking Persib Club (VPC), Bomber, dan The Bomb mendeklarasikan perdamaian dengan The Jakmania, kelompok suporter Persija Jakarta, di Gedung Asprov PSSI, Jabar, Jalan Lodaya, Bandung, Kamis (3/8/2017) siang.

Deklarasi tersebut selain dihadiri para pengurus Viking, Bomber, dan The Bomb serta perwakilan di berbagai daerah, juga dihadiri manajer Persib, Umuh Muchtar, selaku pembina bobotoh dan perwakilan dari PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), juga hadir Mia Beutik (istri almarhum Ayi Beutik).

Dirigen Viking, Yana Umar, mengungkapkan deklarasi bobotoh Persib ini merupakan satu wujud keinginan para bobotoh baik yang ada di Viking, Bomber, dan The Bomb untuk mewujudkan perdamaian The Jakmania. Apalagi, Ketua The Jakmania, Ferry Indrasjarief, begitu tulus ingin menciptakan perdamaian tersebut.

"Bahkan sebelum almarhum Ricko meninggal, Bung Ferry bilang ke saya jika Ricko sembuh akan dibawa nonton saat Persija vs Persib. Tapi, Tuhan berkehendak lain. Jadi, kami semua berkumpul dan mengajak semua bobotoh untuk menyerukan perdamaian," ucap Yana.

Dengan seruan perdamaian ini, tambah Yana, diharapkan tidak ada lagi hujatan, cacian, dan provokasi bernada rasis antarsuporter di manapun, termasuk di media sosial.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, mengaku bangga dengan deklasi yang dilakukan para bobotoh. Apalagi, kata Umuh, langkah merealisasikan rencana perdamaian antara bobotoh Persib dan Jakmania juga sudah diwujudkan dengan pertemuan-pertemuan di Jakarta.

"Saya bangga dengan keinginan hati bobotoh semua. Kalau terwujud, saya siap untuk menyiapkan tempat pertemuan, bila perlu di Istana Bogor biar tengah-tengah. Jika tidak bisa, kami cari tempat lain," kata Umuh.

5 Poin Perdamaian

5 Poin Resolusi Damai
1. Viking Persib Club, Bomber, dan The Bomb mengajak seluruh anggota dari setiap distrik dan korwil untuk satu tujuan mewujudkan perdamaian dengan kelompok suporter manapun.

2. Viking Persib Club, Bomber, dan The Bomb mengajak seluruh anggota dari setiap distrik dan korwil mendukung Persib dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas, artinya tanpa ada lagi kata-kata nyanian/chant dan aksesoris yang berbau rasis, atau untuk menyudutkan pihak tertentu.

3. Viking Persib Club, Bomber dan The Bomb menginstruksikan seluruh anggota dari setiap distrik dan korwil untuk selalu menjaga nilai-nilai kekeluargaan, karena kami (kabeh dulur) dan menjaga nama baik Bobotoh Persib dengan suporter yang ada di Indonesia.

4. Viking Persib Club, Bomber, dan The Bomb meminta kepada seluruh anggota dari setiap distrik dan korwil untuk saling mengingatkan bilamana ada yang mendukung keluar batas hingga mencederai laga Persib.

5. Viking Persib Club, Bomber, dan The Bomb meminta seluruh anggota dari setiap distrik dan korwil untuk mensosialisasikan perdamaian khususnya dengan The Jakmania baik di media sosial maupun lingkungan sosial.

 

Video Populer

Foto Populer