Sukses


Jakmania dan Viking Absen di Islah, Ini Komentar Menpora dan PSSI

Bola.com, Jakarta - Jumpa Suporter Sepak Bola Indonesia yang digelar oleh Kemenpora RI pada Kamis (3/8/2017) tidak dihadiri tiga komunitas suporter besar, The Jakmania, Viking Persib Club, dan Bonek Mania.

Islah suporter nasional Indonesia yang digagas oleh Kemenpora terwujud dalam acara Jumpa Suporter Sepak Bola Indonesia yang digelar di Wisma Kemenpora, Kamis (3/8/2017). Dalam kegiatan tersebut hadir Menpora Imam Nahrawi, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dan perwakilan suporter seluruh Indonesia.

Namun, dari 53 kelompok suporter yang diundang oleh Kemenpora, tiga basis suporter besar, seperti The Jakmania, Viking Persib Club, dan Bonek Mania tidak hadir. Padahal pertemuan suporter yang diprakarsai oleh Kemenpora ini muncul setelah jatuh korban jiwa usai pertandingan antara Persib Bandung dan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, sebelumnya sudah sempat menuliskan pernyataan kepada publik berbentuk surat yang ditujukan kepada seluruh elemen sepak bola Indonesia mengenai ketidakhadiran suporter klub ibu kota itu. Dalam suratnya, Bung Ferry menyebut masih ada pro dan kontra yang harus diselesaikan di dalam internal The Jakmania.

Namun, Kemenpora tidak mempermasalahkan hal tersebut. Dalam sambutannya, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, menyampaikan The Jakmania dan Viking Persib Club sudah menyampaikan konfirmasi tidak hadir. Namun, Gatot menyebut kedua suporter tersebut tetap mendukung meski dengan cara sendiri.

"Tidak apa, kami menghormati apa yang menjadi poin dari Persija karena mereka juga sudah berkomunikasi dengan kami. Mereka menyatakan mohon maaf tidak bisa hadir, mungkin ada alasan yang tidak bisa dijelaskan. Poin pentingnya mereka tidak menentang acara ini, mereka menghormati dan kami sangat mengerti," ujar Gatot S Dewa Broto dalam sambutannya.

"Secara pribadi mereka tidak menjelaskan alasannya, intinya mereka tidak bisa hadir. Biarkan mereka mengalir jika memang ada pertemuan sendiri, itu tidak jadi masalah," lanjutnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi upaya damai yang dilakukan kedua kelompok suporter itu dan berharap virus itu tertular ke suporter lain, termasuk Bonek Mania dan Aremania.

"Jakmania dan Viking sudah bertemu, dan itulah yang dinantikan. Selanjutnya, saya berharap Aremania dan Bonek juga harus ada pertemuan seperti itu," ujar Menpora Imam Nahrawi dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono, menegaskan pihaknya akan mengapresiasi segala bentuk perdamaian yang diupayakan oleh semua pihak, termasuk yang dilakukan oleh Jakmania dan Viking tanpa hadir di dalam acara jumpa suporter di Kemenpora.

"Segala cara dan upaya, ribuan cara, ribuan upaya, PSSI tentu mengapresiasi, dan tentu kami ingin semangatnya dulu. Yang penting percaya PSSI ingin terus bersama mereka, sehingga masalah bisa kita urai satu per satu," ujar Joko Driyono.

 

PSSI berencana untuk menindaklanjuti pertemuan antarsuporter yang sudah dimulai oleh Kemenpora. Salah satunya adalah mengikutsertakan para suporter yang menjadi inti dari perlunya pertemuan tersebut digelar dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

 

Video Populer

Foto Populer