Sukses


Prediksi Persiba Vs Perseru: Upaya Keluar dari Jerat Degradasi

Bola.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan menjamu Perseru Serui di Stadion Parikesit, Balikpapan, Minggu (6/8/2017). Duel ini bakal menarik mengingat kedua tim tengah berusaha untuk tidak terus-menerus di zona degradasi Liga 1 2017.

Persiba Balikpapan belum lama ini merayakan ulang tahun yang ke-67. Mengawali putaran kedua Liga 1 di kandang dalam momen spesial tentu membuat klub Beruang Madu bertekad meraih tiga poin penuh. Pelatih Persiba Balikpapan, Milo Seslija, mencoba mempersiapkan tim asuhannya untuk bisa meraih hasil terbaik dalam pertandingan ini.

"Semoga kami bisa mendapatkan kado, yaitu kemenangan di pertandingan perdana putaran kedua. Jika kami berhasil, tiga poin ingin kami persembahkan untuk merayakan hari jadi Persiba," ujar pelatih yang akrab disapa Milo itu.

Tentu saja jika itu bisa terwujud, Persiba Balikpapan bisa mengakhiri langkah buruk mereka di Liga 1 2017. Sejauh ini, Persiba Balikpapan baru berhasil meraih satu kemenangan yang mereka dapatkan ketika menghadapi Pusamania Borneo FC pada pekan kesembilan.

Dalam pertandingan ini, rencananya Milomir Seslija ingin menurunkan dua rekrutan anyar, Srdan Lopicic dan Sunarto. Selain itu, sang marquee player, Anmar Al Mubaraki, juga dimainkan.

"Lopicic, Sunarto, dan Anmar akan bermain bersama Marlon da Silva dalam pertandingan ini," ujar Milo.

Namun, sejumlah pemain baru lain, seperti Maldini Pali kemungkinan besar akan disimpan pelatih asal Bosnia itu. Selain itu, dua pemain tidak bisa dimainkan, yaitu Kurniawan Kartika Ajie, yang bergabung dengan Timnas Indonesia U-22, dan Yudi Khoerudin yang menjalani hukuman akumulasi kartu.

"Untuk posisi Aji kemungkinan akan diisi Dian Agus Prasetyo. Sementara untuk posisi Yudi, kami akan menurunkan Absor Fauzi, dia akan kami pasangkan dengan Ardi Yuniar," ungkap Milo.

Kemenangan di momen spesial tentu menjadi target utama, terutama karena Persiba Balikpapan sampai saat ini masih berada di dasar klasemen sementara Liga 1. "Kami akan menekan lebih keras dan bermain sabar. Ketika ada peluang, kami usahakan menjadi gol," ujar sang pelatih.

2 dari 3 halaman

Perseru Optimistis Tanpa Kapten

Di kubu lawan, kemampuan Agus Yuwono meracik strategi Perseru sedang diuji saat meladeni Persiba Balikpapan. Kondisi fisik dan kekuatan tim tidak ideal saat melawat ke kandang Beruang Madu.

Fisik Arthur Bonai dkk. kelelahan pasca laga di kandang Sriwijaya FC (2/8/2017). Ditambah lagi, Perseru tidak diperkuat kapten tim sekaligus benteng kukuh pertahanan Boman Aime yang terpaksa absen akibat kartu merah di Palembang kemarin.

"Soal kelelahan, jelas pemain lelah. Mereka tetap manusia biasa. Mereka sudah main maksimal di Palembang yang membutuhkan konsentrasi tinggi," kata Agus Yuwono.

Namun, pelatih asal Malang itu tetap menjalankan program latihan normal untuk mengembalikan fisik anak asuhnya. Dengan persiapan secukupnya, Perseru akan menghadapi Persiba Balikpapan dengan optimisme.

"Kami harus tetap beraktivitas, tapi dengan porsi sewajarnya. Persiapan kami juga seperti biasa. Kami latihan dan mengatur taktik strategi untuk menghadapi Persiba," ujar Agus Yuwono.

"Disiplin mengatur waktu istirahat jadi kunci memulihkan kebugaran. Nutrisi dan vitamin juga mendukung pengembalian kondisi fisik. Mental pemain harus dijaga setelah kami berhasil dapat poin di Palembang agar bisa maksimal di Balikpapan," jelasnya.

Soal absennya Boman Aime, Agus Yuwono juga tidak terlalu risau meski juga mengaku sedikit kecewa. Perseru masih memiliki Dian Mahrus yang akan menjadi pengganti.

"Saya harus siapkan skema dan formasi darurat saat menghadapi situasi seperti ini. Kami pasti akan ditekan tuan rumah. Kuncinya tetap disiplin dan fokus di permainan," ucap Agus.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Komposisi Pemain

Persiba (4-3-3): Dian Agus Prasetyo (kiper); Ardhi Yuniar, Absor Fauzi, Iqbal Samad, Alfath Faathier (belakang); Bryan Cesar Ramadhan, Anmar Al Mubaraki, Gideon Way (tengah); Srdan Lopicic, Sunarto, Marlon da Silva (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Perseru (4-3-3): Sukasto Efendi (kiper); Mochammad Zaenuri, Bilibig Dian Mahrus, Kalvin Wopi, Reksa Satata (belakang); Ronaldo Meosido, Lukas MAndowen, Septinus Alua (tengah); Arthur Bonai, Mariando Uropmabin, Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Agus Yuwono

Video Populer

Foto Populer