Sukses


Arema Gelar Ruwatan untuk Buang Sial

Bola.com, Malang - Manajemen Arema FC melakukan hal unik untuk menyambut ulang tahun klub ke-30. Tadi siang (9/8/2017) di depan kantor manajemen Jl. Kertanegara 7 Kota Malang, mereka menggelar acara ruwatan untuk 20 trofi yang sudah diraih tim Singo Edan.

Acara itu merupakan tradisi dalam kebudayaan Jawa yang dianggap sakral. Tujuannya selain merawat juga untuk dijauhkan dari kesialan. 

Saat ini, Arema FC sedang terseok-seok dalam kompetisi Liga 1 dengan terjebak di papan tengah.Padahal target pada awal musim bisa bersaing di papan atas. Pergantian pelatih juga sudah dilakukan dari Aji Santoso ke Joko Susilo.

”Sebenarnya acara ruwatan untuk menghormati tradisi. Tidak ada salahnya. Ini adalah hal non teknis untuk sugesti. Kalau secara teknis tentu tetap dilakukan tim pelatih dan pemain untuk berjuang dilapangan,” kata Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Untuk menggelar acara ruwatan, manajemen Arema FC menyiapkan kembang tujuh rupa. Air yang digunakan untuk mencuci piala juga tidak sembarangan. Mereka membawanya dari sebuah mata air murni yang berlokasi di salah satu daerah Kabupaten Malang.

”Tentu yang melakukan prosesi ruwatan orangnya khusus. Setelah diruwat di depan kantor, trofi itu diserahkan secara simbolis kepada manajemen,” lanjut dia.

Sebenarnya manajemen Arema FC jarang melakukan acara mistis seperti ini. Namun beberapa pemain sempat menyuarakan agar ada sebuah acara untuk buang sial. Mengingat dalam beberapa pertandingan Liga 1, Arema seperti dijauhi keberuntungan dan gagal menang.

Video Populer

Foto Populer