Robert Alberts Ungkap Resep PSM Kalahkan Persela

Oleh Abdi Satria pada 12 Agu 2017, 22:00 WIB
Persela Lamongan vs PSM Makassar

Bola.com, Lamongan - PSM Makassar mewujudkan target mencuri poin setelah menekuk tuan rumah Persela Lamongan 1-0 pada pekan ke-19 Liga 1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (21/8/2017).

Sukses ini membuat skuat Juku Eja sudah melampui target lima poin pada tiga partai awal putaran kedua. Sebelumnya, PSM mengalahkan Mitra Kukar 1-0 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Senin (7/8/2017).

"Kami menang karena pemain menjalankan strategi yang ingin saya mainkan. Saya sengaja intruksikan pemain agar lebih tenang saat menguasai bola dan memainkan tempo di awal pertandingan," ujar Robert Alberts, pelatih PSM, pada jumpa media seusai pertandingan.

Menurut Robert, bermain dengan tempo sedang memang tidak sesuai karakter PSM yang selama ini mengandalkan permainan keras dan cepat. "Saya tekankan pemain agar bersabar menunggu gol meski banyak peluang tercipta," papar Robert.

Karena itu Robert menepis anggapan skuatnya sempat dilanda frustrasi sebelum Wiljan Pluim mencetak gol di menit ke-85.

"Sekali lagi, saya tegaskan kemenangan ini adalah bagian dari strategi. Kami menang hanya mencetak satu gol pada pertandingan tadi. Tapi, itu sudah membuat saya puas," tutur Robert.

Robert menambahkan dirinya lebih senang skuatnya menang tipis tanpa kebobolan daripada mencetak gol banyak tapi kalah.

Bagi PSM, inilah kali pertama gawang mereka tak kebobolan di laga tandang. "Bermain tanpa kebobolan sampai akhir pertandingan sangat vital buat klub yang memainkan laga tandang. Itu artinya kami minimal meraih satu poin," kata Robert.