Timnas U-19 Dapat Pelajaran Berharga dari Laga Melawan PSS

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 13 Agu 2017, 04:45 WIB
Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 2-2 melawan PSS Sleman dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (12/8/2017). Pelatih Indra Sjafri mengakui banyak pelajaran berharga yang didapatkan timnya usai menjajal kekuatan tim pertama yang lolos ke babak 16 Besar Liga 2 tersebut.

''Anak-anak mendapatkan tekanan baik dari pemain PSS Sleman maupun suporter. Ini sangat penting karena nanti saat bermain di Myanmar tentu tuan rumah juga mendapat dukungan dari suporter. Setidaknya anak-anak sudah merasakan itu,'' kata Indra Sjafri.

Selain itu, pelatih asal Sumatera Barat itu juga melihat anak asuhnya mampu keluar dari tekanan. Timnas Indonesia U-19 tertinggal lebih dulu lewat sepakan striker Mardiono di awal babak pertama. Namun skuat Garuda Nusantara mampu membalikkan skor lewat kaki Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Hanya saja, kemenangan di depan mata buyar setelah free kick gelandang PSS, Dave Mustaine beberapa detik jelang laga usai menghujam jala Timnas U-19.''Ada hal positif yakni konsistensi permainan anak-anak yakni mampu keluar dari tekanan. Itu juga dilihat selama beberapa laga sebelumnya, baik turnamen di Perancis, uji coba lawan Espanyol, dan PSP Padang. Tinggal nanti dilihat lagi pada uji coba selanjutnya,'' ia menuturkan.

Timnas Indonesia U-19 direncanakan menggelar pemusatan latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hingga akhir bulan ini sebelum mengikuti ajang Piala AFF U-19 di Myanmar, awal September mendatang. Setidaknya Rachmat Irianto dkk. masih butuh dua uji coba lagi.