Sukses


Feby Eka Putra, Gol ala Coutinho dan Hattrick Pertama Timnas U-19

Bola.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 melanjutkan tren positif di Piala AFF U-2017 setelah meraih kemenangan telak 9-0 melawan Filipina pada pertandingan kedua Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (7/9/2017). Feby Eka Putra menjadi bintang dalam pertandingan tersebut setelah memborong tiga gol.

Gol-gol tersebut dicetak Feby Eka Putra pada menit ke-21, 67' dan 87'. Gol pertama yang dicetak Feby berhak dinobatkan sebagai gol yang paling bombastis dalam pertandingan tersebut.

Feby melakukan spekulasi tedangan dari luar kotak penalti begitu mendapatkan ruang. Sepakan keras kaki kanan Feby ternyata gagal di antisipasi oleh kiper Filipina kawalan Quincy Kammeraad yang mati kutu melihat bola tersebut bersarang di pojok kanan gawang.

Sekilas ada kemiripan antara gol yang dicetak Feby dengan gol bintang Liverpool, Philippe Coutinho ke gawang Stoke City pada pertandingan Premier League 2015-2016 di Britannia Stadium (9/8/2015).

Ketika itu, Coutinho yang juga mendapatkan celah kosong melepaskan tendangan spekulasi terarah menggunakan kaki kanan yang bersarang di sudut kiri gawang Stoke kawalan Jack Butland.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Feby Eka Putra, menggiring bola saat melawan Filipina U-19 pada laga Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Myanmar, Kamis (7/9/2017). Indonesia menang 9-0 atas Filipina. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Selain mirip gol Coutinho, gol yang dicetak Feby juga mengingatkan pada gol Cristian Gonzales pada pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF 2010 melawan Filipina. Gonzales ketika itu melepaskan tembakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi oleh kiper Filipina kawalan Neil Etheridge.

Tak hanya mencetak gol, Feby juga berhasil menyumbang assist dalam pertandingan melawan Filipina. Feby melepaskan umpan silang ke depan gawang Filipina dan diselesaikan menjadi gol oleh Muhamad Iqbal.

Adapun gol kedua Feby dicetak melalui kelincahannya yang berhasil lolos dari posisi offside sebelum melepaskan tembakan keras ke gawang Filipina. Begitu juga dengan gol ketiga Feby yang lahir setelah menerima umpan terobosan dan berhasil mengecoh kiper Quincy Kammeraad.

Dengan demikian, torehan tiga gol plus satu assist sudah cukup untuk memasukkan nama Feby Eka Putra menjadi man of the match dalam pertandingan melawan Filipina.

Meski tampil cemerlang dan mencetak tiga gol, Feby tak mau jemawa. "Masih ada dua pertandingan lagi di babak penyisihan grup. Pertandingan melawan Filipina juga ketat karena mereka main pantang menyerah. Kami tetap harus ada perbaikan," kata Feby.

Feby pun masih berpeluang menambah koleksi gol atau assist-nya dalam pertandingan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya melawan Vietnam pada 11 September 2017 mendatang.

Video Populer

Foto Populer