Sukses


Timnas U-19 Menang Statistik tapi Kalah Hasil Akhir dari Vietnam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dibungkam oleh Timnas Vietnam di pertandingan ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9/2017). Timnas Indonesia U-19 kalah telak 0-3 sebagai hasil akhir. Namun, secara statistik Egy Maulana Vikri dkk. unggul cukup besar dari Vietnam.

Tim Garuda Nusantara kalah 0-3 dari Vietnam. Tiga gol Vietnam ke gawang Muhammad Aqil Savik terjadi dalam menit-menit krusial. Dua gol yang dicetak Le Van Nam pada babak pertama tercipta pada menit ke-41 dan 44'. Saat itu Muhammad Aqil Savik baru saja dua menit masuk lapangan setelah menggantikan kiper utama, Muhammad Riyandi, yang mengalami cedera.

Sementara gol ketiga Vietnam terjadi pada menit ke-86 melalui tandukan kepala Bul Hoang Viet Anh yang tak terkawal dengan baik. Satu hal yang menarik, ketiga gol yang diciptakan oleh Vietnam selalu datang dari umpan silang dari sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Itulah kenyataan yang harus diterima oleh tim asuhan Indra Sjafri pada pertandingan ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017 itu. Padahal secara statistik Tim Garuda Nusantara unggul cukup besar atas Vietnam.

Ya, bicara soal statistik Timnas U-19 justru berhasil unggul besar dari Vietnam. Berdasarkan catatan analisis LabBola, ketika Timnas U-19 tertinggal 0-2 di akhir babak pertama, Egy Maulana Vikri dkk. justru unggul dalam hal penguasaan bola hingga 66 persen berbanding 34 persen. 

Bicara soal passing, Timnas Indonesia U-19 mencapai 85 persen. Sementara Vietnam hanya berhasil mencapai 70 persen.

Saat laga sudah selesai, Indonesia tercatat mendapatkan penguasaan bola hingga 69 persen, berbanding 31 persen yang dimiliki Vietnam. Sementara untuk passing, angka yang dimiliki tim asuhan Indra Sjafri meningkat menjadi 87 persen sementara Vietnam turun menjadi 67 persen. 

Sementara untuk melakukan tembakan, Timnas Indonesia U-19 enam kali melakukan tembakan di babak pertama dan total melakukan sembilan tembakan sepanjang laga.

Namun, hanya tiga tembakan yang tepat mengarah ke arah gawang, di mana satu hanya satu tembakan ke arah gawang terjadi di babak pertama.

Untuk masalah tembakan inilah Vietnam lebih unggul dari Indonesia. Meski jumlah tembakan yang dibuat lebih sedikit, di mana Vietnam secara total melakukan tujuh tembakan dengan lima tembakan terjadi di babak pertama, mereka lebih efektif karena berhasil melakukan empat tembakan tepat ke arah gawang.

Dari statistik tersebut memperlihatkan upaya Timnas Indonesia U-19 untuk menguasai jalannya pertandingan sudah berjalan dengan baik. Namun, efisiensi permainan Vietnam terbukti lebih baik dengan jumlah tembakan ke arah gawang yang lebih baik dan hasil pertandingan.

2 dari 3 halaman

Statistik Babak Pertama

 

3 dari 3 halaman

Statistik Akhir Pertandingan

Video Populer

Foto Populer