Ini Komentar Pelatih Kiper Timnas U-19 soal Performa Aqil Savik

Oleh Aning Jati pada 11 Sep 2017, 21:30 WIB
Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Yangon - Kiper Timnas Indonesia U-19, Muchamad Aqil Savik, jadi sorotan pascakekalahan 0-3 dari Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9/2017).

Pasalnya, penampilan Aqil dianggap kurang maksimal saat menggantikan Muhamad Riyandi. Seperti diketahui, Riyandi terpaksa keluar dari pertandingan setelah mengalami cedera pada menit ke-38.

Aqil masuk tanpa melalui fase pemanasan dan hanya berselang tiga menit kemudian, Aqil sudah kebobolan. Setelah tertinggal 0-1 pada menit ke-45 atau berselang empat menit dari gol pertama, gawang Aqil kembali bobol.

Pelatih kiper Timnas Indonesia U-19, Jarot Supriadi, membantah bila Aqil dianggap tidak siap bermain. "Bukan masalah demam panggung, hanya memang perlu adaptasi ketika menggantikan rekannya," kata Jarot.

Hanya, Jarot mengaku insiden cedera yang menimpa Riyandi berpengaruh pada psikis rekan satu timnya. "Mungkin teman-temannya selama ini sudah merasa nyaman dengan Riyandi sehingga ketika terjadi insiden hingga ia harus digantikan, sedikit mengganggu konsentrasi rekan-rekannya," tutur Jarot.

Jarot menuturkan bila dalam pengamatannya, Riyandi cedera di bagian lutut karena salah tumpuan saat mencoba mengamankan umpan silang dari Vietnam. terjatuh.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengungkapkan semestinya pergantian kiper tidak terlalu memengaruhi permainan tim karena Riyandi dan Aqil dinilai memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan jurnalis Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

Irvan AIrvan A

@endar adadi tu Indra sjafri udah tanggung jawab....

Harsono AbHarsono Ab

Indar Syafri jago memilih pemain muda berbakat.....TAPI Kalau masalah TAKTIK Luis Milla jagonya...

Harsono AbHarsono Ab

Jangan pakai lagi tuh Kiper txxx Kucing.....masih banyak kiper lain...main ga ada gregetnya... Malas..Penakut....KECEWA BERAT saya udah nunguin empat hari ga sabar mau lihatmainnya Timnas lawan Vietnam.

Lihat Lainnya