Sugiantoro Optimistis Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal

Oleh Zaidan Nazarul pada 13 Sep 2017, 08:35 WIB
Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Surabaya - Sugiantoro menilai peluang Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017 masih terbuka lebar. Optimisme itu tidak berkurang walau Tim Garuda Nusantara menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam pada laga kedua Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9/2017).

Ayah kapten Timnas U-19 Rachmat Irianto ini menyatakan, beban berat saat ini justru ada di pundak Myanmar karena diharuskan menang atas Vietnam pada partai terakhir. Baginya, tak mudah bagi tuan rumah untuk mengalahkan Vietnam karena di atas kertas kualitas Vietnam lebih bagus.

Meski hasil seri saja sudah cukup bagi Vietnam untuk tampil sebagai juara grup, Sugiantoro tak yakin Vietnam hanya menargetkan hasil imbang. Ia meyakini tim besutan Hoang Anh Tuan akan memburu kemenangan.

"Meski hasil seri atau kalah hanya selisih satu gol sudah cukup bagi Vietnam lolos ke semifinal. Saya optimistis hal itu tak akan terjadi," ujar Sugiantoro.

Memang banyak kemungkinan yang bisa membuat Indonesia tersingkir, namun Sugiantoro melihat dari sudut pandang positif lantaran turnamen ini untuk kelompok umur. Baginya di turnamen yang kontestannya masih belia, kecil kemungkinan ada main mata atau upaya kotor lainnya.

Ia masih optimistis Vietnam bakal mengalahkan Myanmar, sementara Timnas Indonesia U-19 menang telak dari Brunei Darussalam. Dengan hasil seperti ini, Vietnam akan lolos sebagai juara grup dan Timnas Indonesia U-19 berada di posisi runner-up.

"Turnamen seperti ini belum terkontaminasi, meski kemungkinan main sabun tetap ada. Saya paham betul karakter Vietnam dari dulu. Semangat juang untuk memenangkan pertandingan tidak pernah surut di saat situasi sudah menguntungkan mereka sekalipun," tutur legenda hidup Persebaya ini.

Terlepas dari prediksinya, Sugiantoro tetap berharap Timnas Indonesia U-19 bermain trengginas di pertandingan melawan Brunei sehingga bisa menyalip selisih gol Myanmar maupun Vietnam. Jika Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menang dengan selisih minimal delapan gol tanpa balas, anak buah Indra Sjafri tak perlu bergantung pada hasil laga Vietnam melawan Myanmar.

 

rizkikirizkiki

ye semangat aje deh ye unutk timnas u-19 semoga berhasil lolos ke semifinal