Malaysia Emoh Pilih Lawan di Semifinal Piala AFF U-18 2017

Oleh Aning Jati pada 13 Sep 2017, 09:30 WIB
Bojan Hodak

Bola.com, Yangon - Timnas Malaysia U-19 sudah memastikan melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017 dengan status juara Grup A. Lantas siapa lawan yang ingin dijumpai Malaysia di semifinal nanti?

Pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak, mengaku tak mau memilih. Pasalnya, baik Vietnam, Myanmar, dan Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti diketahui, tiga negara di Grup B itu punya peluang ke semifinal, baik sebagai juara maupun runner-up grup. Kepastian siapa wakil Grup B ke semifinal, diketahui setelah pertandingan terakhir di fase penyisihan grup, Rabu (13/9/2017) ini di Staidon Thuwunna, Yangon.

"Ketiga tim itu punya plus dan minus masing-masing, jadi lebih baik buat saya untuk tidak memilih siapa yang ingin kami jumpai di semifinal," kata Bojan Hodak yang ditemui para jurnalis di Hotel Olympic, Yangon.

"Secara teknik Vietnam kurang bagus, tapi kekuatan fisik mereka sangat menonjol. Indonesia memainkan sepak bola terbaik, punya pemahaman terbaik antarpemain tapi mereka kurang bagus di sektor pertahanan. Lalu Myanmar, mereka tuan rumah jadi pasti akan didukung banyak suporter. Tidak ada dari ketiganya yang merupakan pilihan baik," jelas pelatih asal Kroasia itu.

Timnas Malaysia U-19 jadi juara Grup A setelah pada pertandingan terakhir melawan Thailand bermain sama kuat, 1-1 (12/9/2017). The Young Harimau Malaya unggul selisih poin dengan Thailand, yang jadi runner-up Grup B.

Sesuai regulasi, sebagai juara Grup A, Timnas Malaysia U-18 akan bersua runner-up Grup B dan Thailand akan menghadapi juara Grup B.

Di sisi lain, Bojan Hodak mengaku bersyukur tim asuhannya mampu melaju ke semifinal. Pasalnya, persiapan yang dilakukannya bersama anak asuhannya cukup mepet.

"Bekerja dengan pemain muda itu kendalanya kadang tidak konsisten, tapi mereka mau mendengar. Kami mungkin beruntung di laga pertama, namun kami semakin berkembang di laga-laga selanjutnya," kata pelatih 46 tahun itu.

"Laga melawan Thailand berjalan ketat. Pemain kami terlihat nyaman, menguasai penguasaan bola, dan memiliki peluang lebih banyak. Jadi, semestinya kami bisa memenangi laga ini. Tapi, kami tetap bersyukur bisa ke semifinal," ucap pelatih Timnas Malaysia U-19 yang juga mantan pelatih Johor Darul Ta'zim itu.

 

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

Thiars HadiwinataThiars Hadiwinata

INDONESIA PASTI JUARA !!!

Faisal SukirmanFaisal Sukirman

FINAL : Garuda U-19 vs Myanmar

cisoaj77cisoaj77

benar sekali myanmar vietnam dan indonesia punya kelebihan dan kekurangan masing masing