Manajer Ingatkan Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Belum Usai

Oleh Aning Jati pada 14 Sep 2017, 07:25 WIB
Roni Fauzan

Bola.com, Yangon - Manajer Timnas Indonesia U-19, Roni Fauzan, bersyukur Tim Garuda Nusantara bisa melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Namun, Roni mengingatkan bila perjuangan tim asuhan Indra Sjafri ini belum tuntas.

Masih ada dua pertandingan lagi yang harus dilewati, yakni menghadapi Thailand, agar bisa bermain di partai final dan merebut gelar juara.

"Di semifinal, para pemain harus terus bersemangat dan pantang menyerah sepanjang pertandingan," ujarnya.

Secara khusus, Roni Fauzan mengaku puas dengan penampilan Egy Maulana Vikri dkk. saat menggulung Brunei 8-0 di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017).

Bahkan, pria yang juga manajer Mitra Kukar itu, menilai bila sebenarnya Timnas Indonesia U-19 bisa menang dengan lebih dari delapan gol. Hal itu karena fisik pemain Brunei sudah menurun di babak kedua.

Hanya, hujan sempat turun seusai turun minum sehingga sedikit memengaruhi penampilan Muhammad Rafli Mursalim cs. sehingga hanya mampu menambah tiga gol.

Soal bonus, Roni Fauzan enggan bicara blakblakan. Pasalnya, hal ini kurang etis mengingat para pemain masih dalam kategori kelompok usia. Prestasi serta pengalaman atau jam terbang harus jadi tujuan utama.

"Mereka ini masih remaja dan perjalanannya masih panjang, jadi mereka tak perlu memikirkan soal uang. Tak usah disebut-sebut soal bonus," lanjut sang manajer.

Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal setelah mengalahkan Brunei 8-0 dan jadi juara Grup B setelah Myanmar menekuk Vietnam 2-1. Tim Garuda Nusantara mengemas poin sembilan, sama seperti yang dikoleksi Myanmar dan Vietnam, namun unggul dalam hal selisih gol (15).

Di semifinal, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand, runner-up Grup A, pada Jumat (15/9/2017), di Stadion Thuwunna, Yangon.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)