Sukses


Tak Terpakai di Timnas Indonesia, Alfred Riedl Tangani Vietnam?

Hanoi - Nama Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, 2014, dan 2016, masuk dalam daftar kandidat pelatih Vietnam. Kebetulan, saat ini Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memang sibuk mencari pengganti Nguyen Huu Thang.

Alfred Riedl bukan sosok asing di Tim Negeri Paman Ho. nakhoda asal Austria itu sempat tiga kali jadi pelatih Vietnam. Yakni pada periode 1998-2000, 2003-2004 dan 2005-2007.

Dalam dua periode tersebut, Vietnam menjadi salah satu kekuatan yang begitu ditakuti di Asia Tenggara. Mereka menjadi runner-up Piala AFF  1998, runner-up SEA Games 1999, 2003, 2005, dan King Cup 2006.

Namanya kian melegenda di sana seusai mengantar Vietnam lolos ke perempat final Piala Asia 2007.

Seperti dikutip Fox Sports Asia, ada kemungkinan mentor kelahiran 2 November 1949 itu kembali menangani timnas Vietnam. Kabarnya, Alfred dijadikan sebagai solusi jangka pendek, bukan jangka panjang, untuk mengisi kekosongan kursi pelatih kepala Vietnam.

Faktor pengalaman menjadi pertimbangan utama VFF jika kembali menunjuknya. Maklum, Vietnam saat ini dihadapkan dengan sejumlah agenda penting yang harus merela lakoni. Dan VFF tak mau mengambil risiko menunjuk sosok baru yang minim pengetahuan dan pengalaman soal sepak bola Vietnam.

Di sisi lain, Dantri melaporkan bahwa VFF mencari pelatih dengan bayaran yang murah. Mereka memang membutuhkan sosok asing untuk menjadi pelatih mereka. Masalahnya, kondisi finansial VFF juga sedang tak memadai.

Terakhir kali menangani Timnas Indonesia, Alfred Riedl sukses mengantarkan Tim Merah-Putih lolos ke final Piala AFF 2016. Pencapaian ini dinilai luar biasa, mengingat ia hanya tiga bulan mempersiapkan tim. Indonesia pun sudah dua tahun absen dari kancah internasional karena sanksi FIFA.

Video Populer

Foto Populer