Sukses


Persija Imbau The Jakmania Kreatif dalam Memberikan Dukungan

Bola.com, Jakarta - Munculnya koreo dan spanduk dukungan untuk masalah di luar pertandingan sepak bola yang dilakukan suporter saat pertandingan berlangsung membuat ketua panitia pelaksana pertandingan Persija Jakarta, Arif Perdana Kusuma, angkat bicara. Arif berharap The Jakmania tidak membawa spanduk yang tak ada hubungannya dengan pertandingan ketika mendukung Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Belum lama ini aksi solidaritas dilakukan oleh suporter Persib Bandung dengan melakukan koreo dan membentangkan spanduk bertuliskan #saverohingya. Aksi yang disebut oleh Manajer Persib, Umuh Muchtar, sebagai dukungan terhadap masalah kemanusiaan itu mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin PSSI melalui surat bernomor 92/L1/SK/KD-PSSI/IX/2017.

Tidak menutup kemungkinan aksi solidaritas itu menular kepada suporter lain, panpel Persija Jakarta berupaya mengantisipasi hal tersebut dengan meminta agar suporter Persija tidak membawa spanduk-spanduk yang tidak ada hubungan dengan pertandingan.

"Kami berharap tak ada lagi spanduk-spanduk yang tidak ada hubungannya dengan pertandingan semacam spanduk bernada SARA, politis, dan sebagainya. Spanduk-spanduk itu bisa merugikan tim dengan sanksi denda yang dijatuhkan kepada panpel. Jika ingin mendukung Persija, sebaiknya memasang spanduk yang mengobarkan semangat tim," ujar Arif Perdana Kusuma.

Arif Perdana Kusuma juga menegaskan kerugian tidak hanya akan dialami oleh Persija dan panitia pelaksana jika sanksi diturunkan oleh Komdis PSSI. "Kalau hukuman dijatuhkan kepada kami, bukan hanya panpel dan tim yang rugi, tapi The Jakmania juga terkena imbasnya," lanjutnya.

Imbauan serupa juga disuarakan oleh Ketua Pengurus Pusat The Jakmania, Ferry Indrasjarief. Pria yang akrab disapa Bung Ferry itu ingin The Jakmania lebih kreatif dalam memberikan dukungan.

"The Jakmania harus berubah. Saya yakin mereka bisa menjadi lebih kreatif dalam mendukung tim kesayangan mereka, karena dukungan kreatif dapat membawa dampak positif bagi tim dalam setiap pertandingan," ujar Ferry.

Persija akan menjalani laga kandang pada pekan ke-25 Liga 1 dengan menjamu Perseru Serui di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (19/9/2017).

 

Video Populer

Foto Populer