Sukses


Penilaian Pelatih Arema soal Debut Marko Kabiay

Bola.com, Malang - Setelah menunggu satu bulan, rekrutan paruh musim Arema FC Marko Kabiay menjalani debut. Pemain berdarah Papua ini jadi starter di posisi bek kanan saat Arema menang 3-0 di kandang Mitra Kukar kemarin (20/9/2017).

Ini sebuah keberanian pelatih Joko 'Getuk' Susilo. Sebab, dia merotasi bek senior Beny Wahyudi saat di kandang lawan. Selama di lapangan, Marko bisa meredam agresivitas pemain sayap Mitra Kukar, Hendra Bayauw.

Kebetulan Marko paham karakter bermain Bayauw yang juga berasal dari Indonesia timur yang mengandaljan fisik dan kecepatan. Apresiasi diberikan oleh Getuk setelah pertandingan. "Untuk ukuran debut, Marko tampil bagus. Tapi ke depan, dia harus bisa lebih dari yang diperlihatkan kemarin," kata Getuk.

Sebelumnya, Arema sempat ragu menurunkan Marko dalam beberapa pertandingan sebelumnya. Kala itu tim pelatih melihat Marko masih butuh adaptasi dengan gaya permainan Arema. Namun, kini mantan pemain Persiram Raja Ampat itu sudah bisa memahami gaya bermain Arema yang meminta setiap bek sayap kuat dalam bertahan dan bagus dalam menyerang.

Beberapa kesempatan Marko sempat naik dan mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti. Dia juga bisa berkolaborasi dengan Hendro Siswanto. Tercatat sebuah umpannya nyaris berbuah gol andai penyelesaian akhir Ahmad Bustomi tidak membentur tiang gawang.

Dikonfirmasi terpisah, Marko mengaku senang dapat kesempatan bermain karena sudah menunggu cukup lama untuk melakoni debut. Apalagi Marko terakhir merasakan kompetisi resmi di Indonesia pada 2014 silam.

Setelah itum dia merantau di Liga Amadora, Timor Leste. "Senang main pertama, apalagi hasilnya Arema menang. Awal yang bagus bagi saya," tegas mantan pemain Timnas Indonesia U-23 ini.

Video Populer

Foto Populer