Sukses


2 Tim ASEAN Ikuti Jejak Indonesia ke Piala Asia U-16

Bola.com, Jakarta - Setelah Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia, kini dua tim negara ASEAN lainnya, Thailand dan Vietnam menyusul Rendy Juliansyah dkk. di antara 14 tim yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018.

Selain Malaysia yang memang akan menjadi tim tuan rumah Piala Asia U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 merupakan tim pertama dari kawasan ASEAN yang berhasil memastikan diri lolos ke putaran final. Tim asuhan Fakhri Husaini itu memastikan diri lolos pada Jumat (22/9/2017) setelah menang 3-0 atas Laos di Grup G. Saat itu, baru Indonesia, Yaman, dan Iran, sebagai tiga tim pertama yang lolos.

10 tim kemudian menyusul lolos ke putaran final pada Minggu (24/92/107). Irak, Korea Utara, Australia, Jepang, dan India lebih dulu memastikan diri lolos pada Minggu malam. Berikutnya Yordania, Tajikistan, Oman, Thailand, dan Vietnam menyusul pada Senin (25/9/2017) dini hari.

Kepastian Thailand dan Vietnam menyusul Indonesia sebagai tim yang lolos dari kawasan ASEAN memang baru bisa ditentukan pada Senin dini hari lantaran kedua tim lolos sebagai dua tim dari lima tim, selain Malaysia, yang berstatus runner-up terbaik.

Thailand dan Vietnam pun terbilang beruntung karena mereka lolos karena koefisien yang dihitung hanya hasil bertanding dengan dua tim di grup masing-masing, yaitu dengan juara grup dan tim peringkat ketiga dalam grup-grup masing-masing.

Regulasi tersebut tentu dirasa merugikan bagi tim-tim seperti Arab Saudi dan Afganistan yang memiliki sembilan poin di grup masing-masing, sementara Vietnam lolos dengan enam poin.

Namun, regulasi yang menghapus hasil pertandingan kontra tim juru kunci di grup yang berisikan empat tim dan dua tim terbawah di grup yang berisi lima tim membuat Arab Saudi dan Afganistan harus gigit jari karena kalah dari Vietnam.

2 dari 3 halaman

Tinggal 2 Slot Tersisa

Kini sudah ada 14 tim yang memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16 2018. Masih akan ada lima tim yang memperebutkan dua tempat tersisa di putaran final Piala Asia U-16 2018, di mana kepastian tersebut baru bisa didapatakan pada Jumat (29/9/2017).

Satu tempat tersisa akan menjadi juara Grup H yang memang baru memulai kualifikasi di Myanmar pada Senin (25/9/2017 dan akan berlangsung hingga Jumat (29/9/2017). Empat tim yang tergabung dalam grup tersebut adalah Korea Selatan, Filipina, China, dan tuan rumah Myanmar.

Sementara itu, satu tempat terakhir akan diperebutkan oleh tim yang akan menjadi runner-up Grup H dan Afganistan yang saat ini berada di posisi terakhir dari enam tim yang bakal lolos sebagai runner-up terbaik.

Seandainya runner-up Grup H nanti memiliki poin yang lebih baik sesuai regulasi penentuan runner-up terbaik, maka Afganistan benar-benar harus memupus harapan mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018

Myanmar dan Filipina masih bisa menyusul Indonesia, Thailand, dan Vietnam sebagai perwakilan ASEAN di Piala Asia U-16 2018. Namun, itu pun dengan beberapa catatan. Pertama mereka harus menjadi dua tim terbaik di Grup H dengan menyingkikan Korea Selatan dan China.

Jika syarat pertama sudah terpenuhi, yang kedua adalah salah satu dari tim itu harus memiliki hasil yang lebih baik dalam koefisien runner-up terbaik ketimbang Afganistan yang kini berharpa-harap cemas.

3 dari 3 halaman

14 Tim yang Lolos ke Putaran Final

14 Tim yang Sudah Memastikan Diri ke Piala Asia U-16 2018

No. 	Negara		Keterangan

1	Malaysia	Tuan rumah/Runner-up Grup J
2	Yordania	Juara Grup A
3	Tajikistan	Juara Grup B
4	Iran		Juara Grup C
5	Irak		Juara Grup D
6	Yaman		Juara Grup E
7	Korea Utara	Juara Grup F
8	Indonesia	Juara Grup G
9	Australia	Juara Grup I
10	Jepang		Juara Grup J
11	India		Runner-up Grup D
12	Oman		Runner-up Grup B
13	Thailand	Runner-up Grup G
14	Vietnam		Runner-up Grup I

 

 

Video Populer

Foto Populer