Sukses


Prediksi Persipura Vs PSM: Membaca Peluang Juara

Bola.com, Jayapura - Bagi PSM Makassar, duel melawan tuan rumah Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (27/9/2017), ibarat final yang harus dimenangkan. Seri atau kalah, maka peluang meraih gelar juara Liga 1 2017 mengecil.

Kondisi ini disadari betul oleh Robert Albert, pelatih PSM. "Memang tidak mudah mengalahkan Persipura di kandangnya. Tapi, kami datang ke Jayapura dengan motivasi tinggi untuk meraih tiga poin," tegas Robert.

Robert merujuk penampilan Juku Eja yang kian trengginas di putaran kedua. Hamka Hamzah dkk. tidak terkalahkan pada tujuh partai.

Khusus pada laga tandang, PSM menekuk Persela Lamongan 1-0 (12/8/2017) dan Sriwijaya FC 4-3 (17/9/2017). Dan sempat unggul lebih dulu sebelum ditahan imbang oleh Persija 2-2 (15/8/2017) dan Arema FC 3-3 (30/8/2017).

Catatan apik inilah yang dijadikan modal Robert menghadapi Persipura. "Meski bermain di kandang Persipura, PSM tetap tampil menyerang. Pertandingan nanti bakal menarik karena kedua tim memiliki agresivitas yang sama," papar Robert.

Nakhoda asal Belanda itu pun tidak ambil pusing terkait absennya M. Rahmat dan M. Arfan yang selama ini jadi starter reguler PSM. "Saya hanya fokus pada pemain yang siap tampil. Apalagi, PSM punya pemain pengganti yang setara," tegas Robert.

Hal senada dikatakan Munafri Arifuddin, CEO PSM. Adik ipar Sadikin Aksa, pemilik saham mayoritas PSM ini mengungkapkan dirinya meminta pemain agar fokus pada penampilan diri sendiri dan tim.

"Sejak putaran kedua, kami selalu berpikir positif setiap kali bertanding. Inilah yang membuat penampilan PSM Makassar berbeda," tutup Munafri.

Ajang Pembalasan

Sementara itu, kubu Persipura tak ingin kehilangan mengeruk poin absolut di laga ini. Tim Mutiara Hitam berjuang merapatkan jarak dengan PSM, Bali United, dan Bhayangkara FC yang ada di jajaran 3 besar klasemen.

Persipura saat ini mengoleksi 46 poin, tertinggal tujuh poin dengan Bhayangkara FC yang saat ini jadi raja klasemen.

“Tak ada pilihan lain bagi kami, selain sebanyak mungkin memenangi pertandingan tersisa. Kami terlambat start, sehingga akhirnya baru bisa masuk peredaran papan atas di pengujung putaran pertama. Tak perlu disesali, yang penting fokus menuntaskan kompetisi sebagai yang terbaik,” tutur Ricardo Salampessy, stoper senior Persipura.

Persipura sendiri lebih percaya diri menjamu PSM. Fakta menunjukkan hampir 10 tahun terakhir kalau Tim Ayam Jantan dari Timur selalu kesulitan menghadapi Tim Mutiara Hitam, apalagi jika pertandingan digelar di Jayapura.

Walau memang di putaran pertama Liga 1 2017, PSM unjuk gigi menghantam Persipura dengan skor telak 5-1 di Makassar. “Kekalahan ini menyisakan luka. Kami amat berharap bisa membalasnya di hadapan pendukung sendiri,” ujar Boaz Solossa, kapten Persipura.

Keyakinan Boaz kalau Persipura bisa revans adalah kemenangan 4-2 di pengujung Torabika Soccer Championship 2016 lalu. Torehan positif menyakinkan tersebut menjadi pengunci gelar juara bagi Persipura.

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Persipura Jayapura (4-3-3): Yoo Jae-hoon (Kiper); Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Mauricio Leal, Ruben Sanadi (Belakang); Ian Kabes, Nelson Alom, Prisca Womsiwor (Tengah); Boaz Solossa, Ferinando Pahabol, Osvaldo Haay (Depan)

Pelatih: Wanderley Junior

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (Kiper); Wasyiat Abdullah, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Reva Adi (Belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizki Pellu (Tengah); Ridwan Tawainella, Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin (Depan)

Pelatih: Robert Alberts Rene

Video Populer

Foto Populer