Sukses


Indra Sjafri Ingatkan Lagi perihal Hakikat Timnas Usia Muda

Bola.com, Bekasi - Mungkin masih ada yang mempertanyakan alasan keikutsertaan Timnas Indonesia U-19 pada kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di saat Indonesia berstatus tuan rumah putaran final. Sebagai tuan rumah, Tim Garuda Nusantara punya hak untuk lolos secara otomatis ke putaran final yang digelar 18 Oktober-4 November 2018.

Bahkan, pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak, sempat menyatakan rasa herannya dengan keputusan Indonesia ikut serta. "Buat apa Indonesia ikut? Mereka sudah lolos kan?" kata Bodan kepada jurnalis asal Indonesia saat berada di Yangon, Myanmar, medio September 2017.

Namun, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memiliki pertimbangan tersendiri. Ia kembali menegaskan misi dan tujuan besar membawa Tim Garuda Nusantara tetap tampil di fase kualifikasi Piala Asia U-19 2018 termasuk menjalani sejumlah laga uji coba internasional.

"Jawaban saya selalu sama, apalagi terkait usia muda. Saya fokus untuk mempersiapkan individu berkualitas demi Timnas Indonesia senior. Itu adalah hakikat tim usia muda," ujar Indra.

Pelatih asal Sumatra Barat itu menggarisbawahi bila selain prestasi, misi lainnya di Timnas Indonesia U-19 adalah menyiapkan pemain-pemain generasi baru untuk timnas senior.

Salah satu caranya, dengan memberikan kesempatan bermain yang merata kepada semua pemain. Hal itu baru bisa dilakukan bila tim asuhannya menjalani uji coba atau mengikuti sebuah turnamen.

Indra Sjafri juga menekankan misinya saat ini bukan lagi mencetak pemain bintang melainkan menyiapkan generasi baru yang banyak dan berkualitas.

Itulah mengapa, ia meminta kepada pencinta Timnas Indonesia untuk tidak terlalu membebani skuat asuhannya dengan target juara atau kemenangan dalam setiap turnamen atau pertandingan yang dijalani.

"Kami tak lagi bicara soal target per pertandingan. Khusus laga dua laga uji coba nanti, jadi bagian dari persiapan panjang menuju Piala Asia U-19 2018, di mana Indonesia jadi tuan rumah," ujar Indra.

Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat memiliki agenda uji coba masing-masing melawan Timnas Kamboja U-19 (4/10/2017) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, serta menjamu Timnas Thailand U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi (8/10/2017).

Video Populer

Foto Populer