Sukses


Timnas Thailand U-19 Menikmati Uji Coba di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Thailand U-19 bersiap menjajal Pusamania Borneo FC U-19 dalam uji coba yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (11/10/2017) malam. Uji coba ini jadi yang kedua buat Thailand dalam rangkaian tur di Indonesia.

Pada uji coba pertama, Timnas Thailand U-19 kalah 0-3 dari Timnas Indonesia U-19 pada duel yang dimainkan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, (8/10/2017).

Terlepas dari kekalahan saat melawan Timnas Indonesia U-19, sejauh ini Timnas Thailand U-19 mengaku menikmati rangkaian uji coba ke Indonesia. Setidaknya begitu pengakuan sang pelatih, Marc Alavedra Palacios.

"Uji coba ini sangat bagus untuk melihat sejauh mana level tim B kami," ujar Palacios kepada Bola.com.

Pelatih asal Spanyol itu menjelaskan bila salah satu tujuan uji coba adalah untuk mencermati pemain-pemain baru yang nantinya bisa disandingkan dengan tim inti, yang mayoritas pemainnya tak dibawa ke Indonesia, sebagai persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

"Kami semua menikmati keberadaan di Indonesia. Sejauh ini semua berjalan lancar. Penginapan dan makanan, tak ada masalah. Stadion dan lapangan juga sangat baik. Lebih baik ketimbang saat kami menjalani Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar lalu. Cuaca juga tak ada masalah," tutur Palacios.

9 Jam Perjalanan Menuju Samarinda

Khusus uji coba melawan Borneo FC U-19, pelatih 27 tahun itu sempat mengungkapkan dirinya tak tahu-menahu soal tim yang akan dihadapi tim asuhannya itu.

"Saya sempat berupaya mencari tahu lewat internet, tapi hasilnya kurang memuaskan. Saya hanya tahu, Borneo FC berada di pulau berbeda dengan Jakarta. Tapi, kami sangat antusias menjalani uji coba ini," kata Palacios.

Lantaran sudah mengetahui harus keluar pulau menuju Samarinda dari Jakarta, rombongan Timnas Thailand U-19 sudah bersiap untuk menempuh perjalanan udara dan darat. Meski begitu, tetap saja mereka tak menyangka bila harus menjalani hingga total sembilan jam perjalanan untuk sampai ke Samarinda, Senin (9/10/2017).

Pelatih Thailand U-19, Marc Palacios, saat pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19 pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017). Indonesia menang 3-0 atas Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Perjalanan itu bahkan lebih lama ketimbang perjalanan Bangkok-Jakarta, yang biasanya hanya ditempuh dengan durasi 3,5 perjalanan udara.

"Benar-benar luar biasa. Total sembilan jam kami habiskan di pesawat dan di dalam bus hingga tiba di Samarinda. Tapi, sekali lagi, ini pengalaman bagus untuk para pemain. Mereka menikmatinya dengan baik," ujar Palacios, yang baru lima bulan melatih Timnas Thailand U-19.

Palacios pun mengungkapkan keinginannya kembali ke Indonesia bersama tim asuhannya. "Sampai bertemu tahun depan," ujarnya sembari menyiratkan keinginannya membawa Timnas Thailand U-19 tampil di putaran final Piala Asia U-19 2018.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018. Di sisi lain, di kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Timnas Thailand U-19 tergabung di Grup I bersama Jepang, Singapura, dan tuan rumah Mongolia.

 

Video Populer

Foto Populer