Prediksi Persiba Vs Barito Putera: Semangat Menolak Kalah

Oleh Aning Jati pada 20 Okt 2017, 06:45 WIB
Persiba Balikpapan Vs Barito Putera

Bola.com, Jakarta - Setelah menekuk Bali United, Persiba Balikpapan kembali menjumpai lawan tangguh pada pekan ke-30 Liga 1 2017. Tim Beruang Madu akan menjamu Barito Putera di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (20/10/2017).

Meski bukan tim papan atas seperti Bali United, Barito Putera dipastikan tak akan mudah ditundukkan. Sebagai bukti, tim asuhan pelatih Jacksen F. Tiago ini belum tersentuh kekalahan dalam lima laga terakhir, dua di antaranya partai tandang.

Namun, Persiba Balikpapan juga punya modal apik untuk menghantam Barito. Apalagi bila buka kemenangan dramatis 3-2 atas Bali United (16/10/2017). Pada pertandingan itu, tim Beruang Madu mempertontonkan semangat luar biasa, semangat pantang menyerah demi raihan tiga poin.

Hal itu perlu dilakukan skuat Beruang Madu, yang memang menggelorakan kemenangan di lima laga tersisa di Liga 1 musim ini, demi menjauhi ancaman degradasi.

Saat ini Persiba Balikpapan ada di peringkat ke-17 dengan poin 23 atau berselisih lima dari Perseru dan enam poin dari Semen Padang yang berada di urutan ke-16 dan 15.

"Kami harus berjuang mati-matian dan habis-habisan pada laga ini. Jika tak mampu menang, target keluar dari zona degradasi semakin kecil," ujar Haryadi, pelatih Persiba Balikpapan.

 

Barito Senang Persiba Kalahkan Bali United

Sebagai antisipasi lain, pelatih yang menggantikan posisi Milomir Seslija itu juga membekali tim asuhannya dengan pemahaman bola-bola atas. Hal itu mengacu pada kekalahan 0-1 di putaran pertama. Gol Barito Putera ketika itu tercipta lewat sundulan Dandi Maulana memanfaatkan set piece Rizky Pora.

"Evaluasi sudah dilakukan, baik tim sendiri atau memetakan kekuatan-kelemahan tim lawan. Formasi pemain termasuk siapa yang dimainkan juga sudah siap. Tak ada pemain yang absen sehingga skema terbaik bisa diterapkan. Saya hanya berharap pemain mengetahui peran mereka dengan baik," tutur Haryadi.

Sementara buat Barito Putera, kemenangan Persiba Balikpapan atas Bali United justru dianggap hal positif untuk mereka. Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, menilai hal itu membuat pemainnya jadi tak bisa meremehkan Persiba dan tetap fokus.

Pasalnya, posisi Persiba Balikpapan yang berada di papan bawah kerap jadi "jebakan" untuk tim lawan. Jacksen tak ingin hal itu terjadi pada tim asuhannya.

"Kompetisi sudah hampir memasuki akhir musim. Setiap tim akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk mencapai tujuan masing-masing. Persiba Balikpapan juga pasti melakukan hal sama saat melawan kami. Kami harus waspada," kata pelatih asal Brasil itu.

Prakiraan Susunan Pemain

Persiba Balikpapan (4-3-3): Dian Agus Prasetyo; Iqbal Samad, Absor Fauzi, Yudi Khoeruddin, Alfaath Fathier; Bryan Cesar, Srdjan Lopicic, Anmar Almubaraki; Ilhamul Irhaz, Sunarto, Marlon Silva

Pelatih: Haryadi

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan; Dandi Abdulhak, Hansamu Yama, Aaron Evans, Nazar Nurzaidin; Gavin Kwan Adsit, Paulo Sitanggang, Rizky Pora; Douglas Packer, Matias Cordoba, Willian Lira

Pelatih: Jacksen F. Tiago