Derby Kalimantan di Balikpapan Milik Barito Putera

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 20 Okt 2017, 21:14 WIB
Barito Putra, Liga 1 2017, Rizky Pora, Bola.com

Bola.com, Balikpapan - Derby Kalimantan yang mempertemukan Persiba Balikpapan dan Barito Putera di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (20/10/2017), menjadi milik tim tamu. Barito Putera berhasil mencuri tiga poin dan membuat Persiba Balikpapan makin terpuruk di zona degradasi.

Mimpi buruk Persiba Balikpapan dimulai pada menit ke-14. Melalui tendangan bebas yang dilepaskan Rizky Pora, Barito Putera membuka keunggulan dan memaksa kiper Persiba, Dian Prasetyo, memungut bola dari dalam gawangnya.

Tertinggal satu gol membuat Persiba berusaha menyamakan kedudukan. Anmar Al Mubaraki, Marlon da Silva, dan Srdan Lopicic, berusaha untuk menjebol gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan. Namun, hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-0 untuk keunggulan tim tamu tak berubah.

Ketika babak kedua dimulai, tim tamu justru berhasil menggandakan keunggulan. Matias Cordoba langsung mencetak gol yang dilanjutkan dengan gol yang diciptakan oleh Gavin Kwan Adsit pada menit ke-52. Barito Putera pun unggul 3-0 dalam waktu permainan kurang dari satu jam.

Persiba Balikpapan baru berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-61. Gol tim berjulukan Beruang Madu itu diciptakan oleh Srdan Lopicic setelah memanfaatkan umpan dari Alfath Faathier.

Sementara itu, Anmar Al Mubaraki menambah gol Persiba pada masa injury time. Namun, sempitnya waktu yang tersisa tak bisa menyelamatkan Persiba dari kekalahan 2-3 dari Barito Putera di laga kandang.

Kekalahan ini membuat Persiba Balikpapan tak beranjak dari posisi ke-17 dalam klasemen sementara Liga 1 2017 dengan 23 poin dari 30 laga. Dengan hanya menyisakan empat laga, Persiba semakin terancam bakal terdegradasi ke Liga 2.

Bagi Barito Putera, kemenangan tipis ini tak mengubah posisi mereka di peringkat ketujuh dengan 48 poin dari 30 laga. Barito Putera hanya tertinggal satu poin dari Persija Jakarta yang tepat berada di atasnya. (Doni Andreas Sidabutar)

Susunan Pemain:

Persiba (4-3-3): Dian Agus Prasetyo (kiper); Yudi Khoerudin, Lourival Junior de Araujo Lopes, Iqbal Samad, Alfath Faathier (belakang); Bryan Cesar Ramadhan, Srdjan Lopicic, Anmar Almubaraki (tengah); M. Ilhamul Irhaz, Sunarto, Marlon Da Silva de Moura (depan).

Pelatih: Hariyadi

Barito Putera (4-2-3-1): Aditya Harlan (kiper); M. Rifqi, Aaron Michael Evans, Nazar Nurzaidin, Hansamu Yama (tengah); Gavin Kwan Adsit, Dandi Maulana Abdulhak, Rizky R. Pora, Douglas Ricardo Packer, Matias Jesus Cordoba (tengah); Willian Lira Sousa (depan).

Pelatih: Jacksen Tiago