Manajer Bhayangkara FC Tak Bisa Dampingi Tim hingga Akhir Musim

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Okt 2017, 14:01 WIB
Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji, dipastikan tidak bisa mendampingi tim berjulukan The Guardians itu dalam empat laga tersisa di Liga 1 2017. Sumardji mendapat hukuman larangan memasuki stadion sebanyak lima pertandingan dan denda sebesar Rp 75 juta.

Hasil sidang Komisi Disiplin PSSI tertanggal 18 Oktober 2017 poin 6 memutuskan sanksi untuk manajer Bhayangkara FC itu. Sumardji mendapatkan sanksi karena dianggap melakukan pelanggaran dengan mendatangi dan mendorong asisten wasit pertandingan antara Barito Putera kontra Bhayangkara FC pada 15 Oktober 2017 dengan menggunakan dada.

Sanksi tersebut tentu cukup memberatkan bagi Bhayangkara FC yang tengah berusaha mengejar asa menjadi juara Liga 1. Bhayangkara FC masih akan menjalani empat pertandingan dengan menjamu Persela Lamongan, bertandang ke markas Mitra Kukar, dan menjalani laga derby Patriot kontra Persija Jakarta. Sementara itu laga tandang kontra Madura United masih menunggu kepastian venue setelah Madura United mendapatkan hukuman menggelar laga kandang usiran.

Hingga berita ini diturunkan, Bola.com belum mendapatkan konfirmasi dari Sumardji. Namun, media officer Bhayangkara FC, Eko Yudiono, saat dihubungi Bola.com mengaku belum mendapatkan surat resmi dari Komisi Disiplin PSSI terkait hukuman untuk manajer timnya.

Eko Yudiono pun menegaskan bahwa Sumardji sudah meminta maaf kepada publik atas pelanggaran yang dilakukannya dalam laga kontra Barito Putera. Menurut sang media officer, Sumardji melakukan hal tersebut tak lepas dari kekecewaan karena kepemimpinan wasit Iwan Sukoco yang memimpin laga pekan ke-29 Liga 1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin itu.

"Saya belum menerima surat resmi terkait masalah itu. Namun, Pak Sumardji sebelum laga kontra PSM Makassar sudah bicara kepada publik melalui media dan meminta maaf atas insiden di Banjarmasin. Semua bisa melihat bagaimana kepemimpinan wasit yang membuat kami kecewa," ujar Eko Yudiono kepada Bola.com.

Dengan hukuman yang diterima Sumardji dari Komdis PSSI, Sumardji tak akan berada di stadion dalam empat laga terakhir yang dijalani Bhayangkara FC di musim ini.