Bintang Muda Persib Bandingkan Dani Alves dengan Supardi

Oleh Muhammad Ginanjar pada 21 Okt 2017, 16:30 WIB
Persib Bandung, Pemain Muda, Liga 1 Indonesia 2017

Bola.com, Bandung - Menjadi hal yang lumrah pesepak bola Indonesia terinspirasi para bintang top dunia. Bahkan tak sedikit aksinya di lapangan di jiplak alias ditiru. Seperti yang dilakukan bek sayap Persib Bandung, Henhen Herdiana.

Pemilik nomor punggung 21 ini mengaku sering mengamati atau menganalisis cara bermain para pemain bintang top dunia terutama untuk pemain yang seposisi dengannya. Namun dari sekian banyak pemain bintang, Henhen mengaku paling sering memperhatikan permainan dari bek sayap asal Brasil, Dani Alves.

Menurutnya, pemain yang kini membela klub Paris Saint-Germain (PSG) ini merupakan tipikal bek sayap yang komplit. Pemain berusia 34 tahun itu kuat bertahan dan menyerang.

"Permainannya di lapangan luar biasa. Tipikal pekerja keras, amat disiplin, kuat dalam bertahan dan juga menyerang. Sering juga cetak gol saat membela Timnas Brasil, Barcelona, Juventus, PSG. Saat masuk area penalti lawan Alves sosok yang berbahaya. Jarang ada bek sayap kemampuan menyerangnya seperti dia," ungkap Henhen.

Sementara di Indonesia, pemain jebolan Diklat Persib ini mengaku sangat mengidolakan seniornya Supardi Nasir. Beruntung baginya lantaran pemain asal Bangka itu satu tim dengannya sehingga bisa setiap hari mengamati atau menganalisa pergerakan yang kerap ditunjukkan pemilik nomor punggung 22 itu. 

"Bang Haji Supardi idola saya kalau di Indonesia. Hampir sama dengan Dani Alves, pergerakan caranya dalam bertahan dan menyerang sangat bagus," katanya.

Henhen Herdiana berharap kelak permainannya di lapangan hijau bisa seperti para idolanya tersebut. Tidak hanya menjadi andalan klub namun juga bisa menjadi andalan tim nasional Indonesia. "Mudah-mudahan dengan kerja keras cita-cita saya bisa tercapai. Saya akan terus berusaha," ucap pemain kelahiran 10 September 1995 tersebut.