Sukses


5 Gol Cantik Pekan ke-30 di Liga 1 2017

Bola.com, Jakarta - Duel-duel sengit tersaji dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2017 yang dihelat 18-20 Oktober. Sejumlah klub saling sikut dengan kepentingan menjaga tempo persaingan juara atau berjuang keluar dari zona degradasi.

Secara mengejutkan pemuncak klasemen sementara, Bhayangkara FC, meraih hasil negatif di kandang sendiri di Stadion Patriot, Bekasi. Tim asuhan Simon Mcmenemy Kamis (19/10/2017), bukan pertandingan bersahabat bagi Bhayangkara FC.

Alih-alih menang demi memantapkan posisi di puncak klasemen untuk memuluskan jalan jadi juara, The Guardian tersungkur 0-2 di kandang sendiri. Tim yang memupus asa tuan rumah meraih kemenangan adalah PSM Makassar, yang menjadi salah satu rival mereka di papan atas.

Kemenangan ini membuat membuat perbedaan angka Tim Juku Eja dengan Bhayangkara FC kian tipis. PSM yang mengoleksi 58 poin hanya kalah sebiji poin saja dari Evan Dimas cs.

Pekan ke-30 juga jadi momen kebangkitan bagi Persipura Jayapura. Pada Rabu (18/10/2017) di Stadion Mandala, Jayapura, Tim Mutiara Hitam menang 3-0 atas Persija Jakarta. Torehan tiga poin Boaz Solossa dkk. amat penting untuk menjaga kerapatan jarak dengan tiga pesaing mereka Bhayangkara FC, PSM, serta Bali United.

Klub yang terakhir disebut juga meraih poin absolut saat menjamu PS TNI di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (20/10/2017). Bali United menggebuk The Army 2-1.

Raihan positif mendongkrak posisi tim asuhan Widodo Cahyono Putro ke posisi runner-up. Torehan poin mereka sama dengan PSM, namun unggul head to head.

Di jajaran papan bawah pelan namun pasti Perseru Serui menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Kesuksesan mereka mengggasak Persegres Gresik United dengan skor 5-2 pada duel yang digelar di Stadion Petrokimia, Gresik, Rabu (18/10/2017), membuat pesaing mereka Persiba Balikpapan dan Semen Padang kian tertekan.

Pasalnya, Tim Beruang Madu menuai hasil negatif di kandang. Mereka dikalahkan sesama tim asal Pulau Borneo, Barito Putera 1-2 di Stadion Batakan, Jumat (20/10/2017). Sementara itu, sehari sebelumnya Semen Padang dipermalukan Mitra Kukar 1-2 di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Redaksi Bola.com merangkum gol-gol cantik dalam sejumlah duel pekan ke-30 Liga 1 2017. Simak detailnya di bawah ini:

2 dari 6 halaman

Marko Markus Kabiay (Sriwijaya FC)

1. Marko Markus Kabiay (Sriwijaya FC)

Pertandingan dua tim elite Sriwijaya FC kontra Arema FC pada di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Jumat (20/10/2017), tak mempertaruhkan apa-apa. Kedua tim relatif aman di jajaran papan tengah Liga 1. Walau begitu jalannya pertandingan tetap seru, pemain-pemain kedua tim terlihat ngotot bermain buat menjaga gengsi nama besar klub yang dibelanya.

Sriwijaya FC sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Muhammad Nur Iskandar pada menit ke-23. Namun, keunggulan Laskar Wong Kito tak bertahan lama.

Hanya berselang enam menit, Arema berhasil menyamakan kedudukan dengan sebuah gol cantik yang dicetak Marko Markus Kabiay. Bek tengah Arema FC ini melepaskan tembakan dari sisi kanan lapangan langsung ke arah gawang.

Kiper Sriwijaya FC, Teja Paku Alam, yang mengira pemain Arema itu melepaskan umpan silang, harus membayar kesalahan antisipasinya. Bola masuk ke dalam gawang meski sang penjaga gawang sempat berupaya untuk menghalau bola.Kedudukan imbang 1-1 itu pun bertahan hingga babak pertama usai.

Simak cuplikan golnya:

3 dari 6 halaman

Boaz Solossa (Persipura)

2. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

Boaz Solossa menjadi bintang kemenangan saat Persipura Jayapura mengalahkan Persija Jakarta 3-0 pada pekan ke-30 Liga 1 2017 di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (18/10/2017). Kapten Mutiara Hitam itu mencetak hattrick atau memborong semua gol ke gawang tim ibu kota.

Bochi, sapaan akrab Boaz, mencetak gol pertamanya pada menit ke-64. Striker berusia 31 tahun mencetak gol melalui sontekan pelan setelah memanfaatkan kesalahan Andritany Ardhiyasa dalam menghalau umpan silang ke kotak penalti Tim Macan Kemayoran.

Gol satu ini menunjukkan naluri ketajaman Boaz memanfaatkan ruang sempit. Tak banyak penyerang bisa setenang dia memanfaatkan peluang di ruang sempit di tengah kepungan pemain belakang lawan.

Simak cuplikan golnya:

4 dari 6 halaman

Sylvano Comvalius (Bali United)

3. Sylvano Comvalius (Bali United)

Striker asal Belanda, Sylvano Comvalius, jadi sosok paling menakutkan bagi bek-bek lawan sepanjang Liga 1 2017. Total hingga pekan ke-30 sudah 32 gol disarangkan sang bomber jangkung, tiga gol lagi ia melewati rekor abadi Peri Sandria yang dicatat di Liga Indonesia musim 1995-1996.

Dua gol dipersembahkan Sylvano Comvalius buat Bali United pada laga pekan ke-30 melawan PS TNI di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (20/10/2017) amat krusial. Tim Serdadu Tridatu kembali memanaskan persaingan juara kompetisi kasta elite.

Bali United sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu sebelum membalikkan keadaan.

PS TNI berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu saat laga baru memasuki menit kedua. Wasit Kris Griffiths Jones menunjuk titik putih setelah Ahn Byung Keon melanggar Ahmad Nufiandani persis saat memasuki kotak terlarang Bali United. Elio Martins yang maju mengambil eksekusi melakukan tugasnya dengan baik untuk membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Sylvano Comvalius meyamakan kedudukan dua menit jelang babak pertama usai. Gol pertama dicetak pada menit ke-43 melalui tandukan kepala di depan gawang setelah mendapatkan umpan silang Ricky Fajrin dari sisi kiri.

Sundulan Sylvano amat berkelas tajam dan mengujam ke sudut jauh gawang PS TNI yang dikawal, Teguh Amiruddin. Gol kedua sang pemain dicetak lewat titik penalti dua menit berselang.

 

5 dari 6 halaman

Rizky Ripora (Barito Putera)

 

4. Rizky Ripora (Barito Putera)

Barito Putera menang tipis 2-1 melawan Borneo FC dalam derbi Kalimantan di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu (1/10/2017).

Pada laga ini, Barito Putera unggul lebih dahulu pada menit ke-46. Gol pembuka tuan rumah dicetak marquee player asal Brasil, Douglas Ricardo Packer.

Hanya 10 menit berselang Borneo FC mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Kunihiro Yamashita.Skor imbang tersebut kembali berubah hanya 10 menit jelang laga berakhir. Barito Putera unggul untuk kedua kalinya pada laga ini setelah kapten tim, Rizky Ripora membobol gawang Muhammad Ridho pada menit ke-80 lewat tendangan bebas.

Tendangan bebas sang pilar Timnas Indonesia mirip dengan gol-gol yang dicetak eks bintang Inggris, David Beckham yang dikenal jago tendangan bebas. Skor 2-1 untuk kemenangan Barito Putera tak berubah hingga laga berakhir.

Simak Cuplikan Videonya:

6 dari 6 halaman

Mochamad Zaenuri (Perseru)

5. Mochamad Zaenuri

Perseru Serui yang berupaya lepas dari jerat degradasi meraih kemenangan menyakinkan 5-2 saat bertandang ke markas Persegres Gresik United, di Stadion Petrokimia, Gresik, Rabu (18/10/2017).

Berstatus sebagai tim tamu, Perseru justru memegang kendali permainan. Di babak pertama, skuat asuhan pelatih Agus Yuwono ini unggul 2-0 berkat gol Lukas Mandowen (30') dan Mochamad Zaenuri menit ke-46.

Sundulan Zaenuri memanfaatkan umpan silang rekannya, Farid Wajdi. Zaenuri yang berdiri bebas tanpa ada penjagaan berarti dari pemain belakang Persegres melayangkan sundulan mematikan ke gawang, M. Choirun Nasirin.

Dalam pertandingan ini kedua tim masing-masing membuat satu gol bunuh diri, yang dibuat Boman Aime serta Ade Suhendra. Dua gol kemenangan Perseru lainnya dicetak Ryutaro Kurabe dan Mariando Djonak.

Simak Cuplikan Videonya:

Video Populer

Foto Populer