Sukses


Kecenderungan Mandul Gol Penyerang Naturalisasi saat Bela Timnas

Bola.com, Jakarta - Dari 15 pemain asing berstatus naturalisasi mayoritas pemain asing yang direkrut jadi WNI berposisi sebagai penyerang. Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Sergio van Dijk, Jhonny van Beukering, Ezra Walian (Belanda), Guy Junior, dan Ilija Spasojevic, nama-nama bomber impor yang memegang paspor berlambang Garuda.

Banjir striker asing yang dinaturalisasi bisa dipahami. Beberapa tahun belakangan Timnas Indonesia kering melahirkan penyerang haus gol.

Setelah era Bambang Pamungkas, praktis hanya Boaz Solossa, seorang striker lokal yang bisa unjuk konsistensi menjebol gawang lawan saat membela Tim Garuda. Selebihnya, tak ada predator-predator lokal yang bisa awet tajam di Timnas Indonesia.

Patrich Wanggai, Titus Bonai, Ferdinand Sinaga, Lerby Eliandry adalah barisan bomber elite Tanah Air yang kerap jadi andalan timnas periode 2010-2017. Namun, jumlah gol yang mereka cetak tak ada yang benar-benar wah.

Striker timnas Indonesia, Ezra Walian, menyapa suporter usai laga melawan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Akhirnya striker-striker naturalisasi jadi alternatif pilihan. Ironisnya, hanya sedikit juga di antara mereka yang bisa unjuk kegarangan.

Striker berdarah Uruguay, Cristian Gonzales, jadi pemain naturalisasi yang tokcer. Memulai debut di Piala AFF 2010, El Loco tercatat mengoleksi 11 gol dari 25 pertandingan yang ia lakoni bersama Timnas Indonesia.

Gonzales yang kini berusia 41 tahun sejatinya belum pernah mengumumkan pensiun dari timnas. Namun, sejak terakhir kali di panggil di ajang Piala AFF 2014, ia belum lagi dapat kesempatan membela Indonesia.Bagaimana dengan striker lainnya?

Minimnya jam terbang bermain di Timnas Indonesia membuat mereka tak punya banyak kesempatan mencatatkan namanya di papan skor laga resmi internasional.

Sergio van Dijk, striker yang matang pengalaman di Liga Australia, baru menyumbang sebiji gol saja. Ia hanya enam kali dapat kesempatan enam kali turun berperang bareng Timnas Indonesia pada interval 2013-2014.

Demikian pula dengan Greg Nwokolo, yang saat ini mentereng bersama Madura United.

Striker berdarah Nigeria itu juga baru enam kali mengantongi caps bersama timnas, dengan torehan satu gol. Semenjak bersiteru dengan Alfred Riedl di Piala AFF 2014, Greg tak pernah lagi dipanggil ke Tim Merah-Putih.

Greg Nwokolo sudah bermain dengan sembilan klub Indonesia sebelum bergabung dengan Madura United. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Padahal di level usia 31 tahun, tenaga Greg yang berposisi sebagai penyerang sayap, masih bisa diberdayakan.Striker asal Kamerun, Guy Junior, yang resmi jadi WNI pada 2016 belum pernah dapat kesempatan membela Timnas Indonesia.

Demikian pula  dengan Jhonny van Beukering yang hanya sempat mencicipi Tim Garuda di Piala AFF 2012 sebagai cadangan. Punya masalah dengan berat badan dan perilaku indisipliner, pemain keturunan Belanda itu kini sudah pensiun dari lapangan hijau.

Terkini Ilija Spasojevic yang tengah naik daun bersama Bhayangkara FC, digadang-gadang jadi Cristian Gonzales versi baru di Timnas Indonesia. Di usia 30 tahun, pemain kelahiran 11 September 1987 itu, dinilai banyak pengamat tenaganya amat dibutuhkan untuk mengatasi paceklik pemain depan berkualitas di skuat Timnas Indonesia. Bisakah sang pemain menjawab tantangan tersebut?

Seperti apa skuat Timnas Indonesia jika dihuni pemain naturalisasi? Klik di sini.

 

 

2 dari 2 halaman

Koleksi Gol Penyerang Naturalisasi

Jumlah Gol Penyerang Naturalisasi:

Cristian Gonzales 12 gol (25 Pertandingan)

Jhonny van Beukering 0 Gol (1 Pertandingan)

Greg Nwokolo 1 Gol (6 pertandingan)

Ezra Walian 0 Gol (1 Pertandingan)

Sergio van Dijk 1 Gol (6 Pertandingan)

Guy Junior 0 Gol (Belum pernah membela Timnas Indonesia)

 

Video Populer

Foto Populer