Timnas Futsal Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2017

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 29 Okt 2017, 17:25 WIB
Timnas Futsal Indonesia

Bola.com, Ho Chi Minh - Timnas Futsal Indonesia tersingkir dari Piala AFF Futsal 2017. Ini setelah Timnas Futsal Indonesia takluk 2-3 dari Myanmar pada laga pamungkas Grup A di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Minggu (29/10/2017).

Tim asuhan Vic Hermans yang membutuhkan kemenangan berada dalam tekanan pada awal babak pertama. Tekanan yang diberikan Myanmar itu berujung gol bunuh diri Sunny Rizki saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Sunny mencetak gol bunuh diri setelah tendangan Kyaw Kyaw Tun yang mengenai tiang gawang membentur badan dari Sunny Rizki. Skor pun berubah 1-0.

Lima menit berselang, Timnas Futsal Indonesia mampu menyamakan skor menjadi 1-1. Tendangan ke dalam dari Ardiansyah Runtuboy dilanjutkan dengan tendangan keras Syauqy Saud Lubis yang tidak mampu diantisipasi kiper Myanmar.

Tensi pertandingan tetap tinggi setelah skor berubah menjadi 1-1. Myanmar berkali-kali menebar ancaman dan Tim Merah Putih juga mendapatkan beberapa peluang melalui Suhan Faidasa, Mohammad Iqbal, dan Dominggus Mustamu, namun tidak satu pun peluang tersebut yang berujung gol.

Pada menit terakhir pertandingan, Myanmar membobol gawang Timnas Futsal Indonesia yang dikawal Muhammad Albagir. Beruntung, gol Naing Ye Kyaw dianulir karena waktu pertandingan sudah berakhir.

Memasuki babak kedua, Timnas Futsal Indonesia bermain lebih agresif dan membuat beberapa peluang melalui Dominggus Mustamu. Namun, justru Myanmar yang mampu unggul 2-1 setelah tendangan cungkil Pyae Phyo Maung membobol gawang Albagir pada menit ke-23.

Timnas Futsal Indonesia yang membutuhkan kemenangan memainkan skema power play, enam menit jelang laga berakhir. Hanya saja, skema ini tak berjalan baik dan Myanmar akhirnya unggul 3-1 berawal dari kesalahan yang dilakukan Runtuboy.

Satu menit jelang laga berakhir, Timnas Futsal Indonesia memperkecil skor menjadi 2-3 melalui gol yang dicetak Bambang Bayu Saptaji. Skor 2-3 bertahan hingga laga berakhir.