Sukses


Carlton Cole, Pembelian Tergagal di Asia

Bola.com, Jakarta - Carlton Cole menduduki peringkat tertinggi alias peringkat pertama dalam daftar transfer flops (pembelian gagal) di Asia versi Fox Sports Asia. Seperti diketahui, Cole datang ke Persib Bandung pada akhir Maret 2017 atau diperkenalkan tidak lama setalah Michael Essien tiba di Bandung dan gabung tim Maung Bandung pada medio Maret 2017.

Mantan striker West Ham United ini digadang-gadang bakal semakin melambungkan Persib dengan ketajamannya semasa berkiprah di Premier League.

Namun, harapan tak seindah kenyataan. Carlton Cole melempem karena tak berhasil mencetak satu gol pun dan didepak Persib jelang putaran Liga 1 berakhir.

Fox Sports Asia dalam artikelnya menulis bila sebenarnya Cole bukan striker terproduktif namun ia kerap tampil apik dalam memainkan perannya sebagai striker di level tertinggi kompetisi, terutama saat bersama Chelsea dan West Ham United. Namun, ekspektasi publik yang begitu tinggi padanya, tidak diimbangi dengan performa di lapangan saat di Persib.

"Jangan lupa, Persib merupakan salah satu klub terbesar di Indonesia, terlepas dari Michael Essien (mantan rekan satu tim di Chelsea), Cole juga mendapat banyak dukungan dari pemain Timnas Indonesia yang berada di Persib," begitu tulis Fox Sports Asia.

"Lupakan performa mengecewakannya dalam pertandingan. Penampilannya saat latihan pastilah sungguh buruk sehingga ia hanya masuk starting line-up dalam dua dari lima pertandingan yang dijalaninya," lanjut salah satu media olahraga ternama itu.

"Hanya dalam beberapa bulan, Cole didepak, dan ajaibnya, dia sekarang ini dikabarkan dipertimbangkan Crystal Palace sebagai jawaban atas mandulnya lini depan klub peserta Premier League itu," imbuh Fox Sports Asia.

Daftar Selengkapnya

Saking gagalnya, Carlton Cole bahkan mengalahkan beberapa nama lain semisal Carlos Tevez (Shanghai Shenhua), El Hadji Diouf (Sabah FA), Jermaine Pennant (Tampines Rovers), dan Nicolas Anelka (Shanghai Shenhua).

Sebagai catatan, pemain yang masuk daftar 20 bukan berasal dari musim 2017 saja. Melainkan pemain-pemain yang selama ini menghiasi liga-liga di Asia.

Fox Sports Asia tertarik membuat daftar ini seiring kebangkitan sepak bola di Asia, sebagian karena banyak uang muncul melalui investasi di sektor ini.

Pemain-pemain bintang pun berdatangan. Namun, tak selamanya pemain berlabel bintang itu sukses di Asia. Alih-alih melanjutkan kebintangannya, pemain-pemain yang dibeli dengan nilai transfer tak kecil ini justru flop atau mengalami kegagalan.

Selain Carlton Cole, yang berada di peringkat pertama dalam daftar pembelian paling gagal, siapa saja yang lain? Berikut ini daftarnya:

1. Carlton Cole (saat memperkuat Persib Bandung)

2. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua)

3. El Hadji Diouf (Sabah FA)

4. Jermaine Pennant (Tampines Rovers)

5. Caleb Folan (T-Team)

6. Nicolas Anelka (Shanghai Shenhua)

7. Lucas Barrios (Guangzhou Evergrande)

8. Jay Simpson (Buriram United)

9. Ivan Bosnjak (Brunei DPMM)

10. Pablo Aimar (Johor Darul Ta’zim)

11. Lucas Neill (Al Jazira, Al Wasi, Omiya Ardija)

12. Marius Niculae (Shandong Luneng)

13. Gael Kakuta (Hebei China Fortune)

14. Mike Hanke (Guizhou Renhe)

15. Georgios Samaras (Al Hilal)

16. Diego Forlan (Cerezo Osaka)

17. Alessandro Diamanti (Guangzhou Evergrande)

18. Kazuyuki Toda (Warriors FC)

19. Jay Bothroyd (Muangthong United)

20. Craig Fagan (Brunei DPMM)

Video Populer

Foto Populer