Sukses


3 Momen Krusial saat Timnas Indonesia U-19 Menghantam Brunei

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mengawali fase Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan kemenangan menyakinkan 5-0 atas Brunei Darussalam di Paju Stadium, Korea Selatan, Selasa (30/10/2017). 

Tim Garuda Nusantara pun untuk sementara berada di puncak klasemen Grup F unggul selisih gol atas Malaysia yang menang 3-1 atas Timor Leste.

Torehan positif ini mempertegas dominasi Timnas Indonesia U-19 atas kubu lawan. Indonesia sudah delapan kali bersua Brunei Darussalam dilevel usia muda sejak tahun 1974.

Tim Merah-Putih sukses mengantungi tujuh kemenangan, dengan total margin memasukkan 40 gol!

Negara yang menganut sistem pemerintahan monarki ala Inggris tersebut selalu kesulitan saat berjumpa Timnas Indonesia Junior. Ada satu kekalahan yang diderita Indonesia, yakni pada ajang Hassanal Bolkiah tahun 2014 lalu. Selebihnya timnas kita selalu sapu bersih.

Pada AFF U-19 2011 lalu, Garuda Muda pernah buat sensasi dengan memberondong Brunei 10 gol tanpa balas di Aung San Stadium, Yangon. Kemenangan telak kembali dibuat di ajang Piala AFF U-18 2017. Bermain di Stadion Thuwunna, Yangon, pada 13 September 2017, anak asuh Indra Sjafri memberondong delapan gol gawang Brunei tanpa balas.

Yang terakhir tentu saja di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan skor 5-0.

Indra Sjafri mengaku puas dengan performa anak-asuhnya, yang sepanjang laga tak memberi kesempatan kepada Brunei mengembangkan permainan. Tim Merah-Putih membuktikan bisa mengatasi kendala hawa dingin untuk menampilkan performa ciamik di lapangan.

"Alhamdullilah, kami mampu meraih kemenangan dalam laga perdana atas Brunei. Apresiasi besar untuk para pemain atas kemenangan ini," ujar Indra Sjafri seusai pertandingan Timnas Indonesia U-19 kontra Brunei Darussalam.

Seusai menghadapi Brunei, Timnas Indonesia U-19 akan menjajal kekuatan Timor Leste pada Kamis (2/11/2017).

Bola.com merangkum momen-momen penting Timnas Indonesia U-19 saat menghancurkan pertahanan Brunei Darussalam. Berikut detailnya:

2 dari 4 halaman

Tandukan Rafli Mursalim

Tandukan Rafli Murdianto

Rafli Mursalim membuka pesta gol Timnas Indonesia U-19 ke gawang Brunei Darussalam. Tandukan kepala striker alumnus Liga Santri Nusantara diciptakan pada menit ke-13 memanfaatkan umpan silang rekannya, umpan silang dari Firza Andika.

Sejak menit awal Tim Garuda Nusantara langsung menekan pertahanan Brunei. Terlihat di menit-menit awal kubu lawan kelabakan menghadapi kombinasi lini serang Timnas Indonesia U-19 yang mengandalkan trio, Witan Sulaeman, Rafli Mursalim, Egy Maulana.

3 dari 4 halaman

Menit Akhir Paruh Pertama

Menit Akhir Paruh Pertama

Unggul satu gol membuat Tim Garuda Nusantara berupaya memancing Brunei Darussalam agar keluar menyerang. Begitu menguasai jalannya pertandingan, namun Timnas Indonesia U-19 kesulitan menjebol gawang tim lawan.

Baru pada akhir babak pertama, tepatnya pada menit ke-45, Timnas Indonesia U-19 berhasil menggandakan keunggulan. Tandukan kepala Asnawi Mangkualam menjebol gawang Brunei Darussalam setelah menerima umpan sepak pojok dari Egy Maulana Vikri.

Sundulan kepala Asnawi meluncur dan sempat berusaha dihalau pemain Brunei, Haris Herman. Sayang, halauan itu justru mengubah arah bola yang akhirnya tetap masuk ke dalam gawang. Keunggulan 2-0 untuk Timnas Indonesia U-19 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

4 dari 4 halaman

Tiga Gol di 15 Menit Awal

Tiga Gol di 15 Menit Awal

Permainan Timnas Indonesia U-19 semakin menggila di babak kedua. Tim asuhan Indra Sjafri mengurung pertahanan Brunei Darussalam.

Serangan yang dibangun anak-anak Garuda Nusantara lebih terarah di babak kedua. Egy Maulana dkk tampil luar biasa dengan mencetak 3 gol di 15 menit awal babak kedua.

Baru tujuh menit babak kedua dimulai, tim Garuda Nusantara unggul berkat gol yang diciptakan oleh Muhammad Iqbal. Pemain asal Padang itu mencetak gol dengan tembakan lob setelah melakukan permainan satu dua dengan Rafli Mursalim.

Egy Maulana Vikri menambah keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-57. Pemain yang baru saja diundang trial oleh Benfica itu masuk ke dalam kotak penalti Brunei dengan membawa bola mengecoh empat pemain yang mengurungnya dan melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat bola meluncur ke tiang jauh gawang Brunei Darussalam.

Unggul dua gol cepat di babak kedua membuat Indonesia semakin mudah mencetak gol. Saddil Ramdani pun berhasil membawa Indonesia unggul telak 5-0 pada menit ke-62. Sebuah tembakan keras dilepaskannya dari luar kotak penalti ke sudut kiri gawang Brunei.

Video Populer

Foto Populer