Sukses


Klasemen Akhir Liga 1: Nasib Tragis Semen Padang dan Persib

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2017 tuntas digelar pada pekan ke-34, Minggu (13/11/2017). Partai pada pekan terakhir sudah tidak berpengaruh pada perebutan gelar juara karena Bhayangkara FC telah memastikan trofi pada pekan ke-33.

Pada pekan terakhir sebagai penentuan tim yang terdegradasi menyusul Persegres dan Persiba Balikpapan, yakni Semen Padang. Tim Kabau Sirah menang 2-0 atas PS TNI di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Namun, kemenangan itu tak mampu menyelamatkan Semen Padang dari zona merah karena pada waktu yang sama Perseru secara mengejutkan menang 2-0 atas Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat.

Skor 2-0 untuk kemenangan Perseru menyelamatkan tim Cenderawasih Jingga, sekaligus menjadi pukulan telak bagi Persib. Bagaimana tidak, tim yang bertabur bintang harus mengakhiri kompetisi dengan kekalahan tragis, yakni kekalahan pertama di kandang pada musim ini.

Pada laga lain, tiga tim berpesta dengan cara mereka masing-masing, walau gagal menjuarai kompetisi. Kegembiraan dirasakan PSM Makassar setelah menutup kompetisi dengan kemenangan 6-1 atas Madura United.

Perseru Serui bertahan di Liga 1 setelah mengalahkan Persib Bandung 2-0, Minggu (12/11/2017) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang. (Bola.com/Muhammad Ginanjar)

Bali United juga menggelar pesta setelah menang 3-0 atas Persegres. Walau gagal meraih juara, pemain dan suporter berpesta layaknya juara karena Bali United yang finish sebagai runner-up melampaui target. Para pemain Bali United pun menggunakan kaus "The Real Champion" sebagai bentuk ungkapan gembira sekaligus sindiran bagi rivalnya, Bhayangkara FC.

Di tempat lain, perayaan gelar juara Bhayangkara FC terkesan biasa-biasa saja. BFC pun gagal melengkapi pesta juara dengan kemenangan. Evan Dimas dkk. kalah 1-2 dari Persija Jakarta yang berstatus tim tamu.

2 dari 2 halaman

Klasemen akhir

Persija Jakarta menembus posisi empat besar. Sementara, Persib Bandung tertahan di posisi ke-13. Tiga klub menjadi tim yang paling produktif, yakni Bali United (76 gol), PSM Makassar (67 gol), dan Persipura (64 gol).

Daftar 10 besar pencetak gol terbanyak:

1 Sylvano Dominique Comvalius (37 Gol)

2 Marclei Cesar Chaves Santos (24 Gol)

3 Alberto Goncalves (22 Gol)

4 Samsul Arif (17 Gol)

5 Lerby Eliandry (16 Gol)

6 Peter Osaze Odemwingie (15 Gol)

7 Addison Alves De Oliveira (15 Gol)

8 Greg Nwokolo (14 Gol)

9 Willem Jan Pluim (12 Gol)

10 Reinaldo Da Costa (12 Gol)

 

Klasemen akhir:

Klasemen akhir Liga 1 2017.

Video Populer

Foto Populer