4 Gol Indah Kelas Dunia pada Pekan Pamungkas Liga 1 2017

Oleh Ario Yosia pada 14 Nov 2017, 07:00 WIB
Liga 1 Logo

Bola.com, Jakarta - Kompetisi kasta elite Liga 1 2017 berakhir pada Minggu (12/11/2017). Bhayangkara FC jadi kampiun mengkandaskan Bali United serta PSM Makassar yang jadi rival utama di pekan-pekan akhir kompetisi.

Bhayangkara FC jadi jawara dengan koleksi 68 poin, sama dengan Bali United yang berstatus sebagai runner-up. Namun, Evan Dimas dkk. dinobatkan sebagai yang terbaik karena mereka unggul head to head dibanding sang pesaing.

Pada pekan terakhir Bhayangkara kalah 1-2 dari Persija Jakarta dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Patriot, Bekasi. Sementara itu, Bali United menang telak 3-0 atas juru kunci Persegres Gresik United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

PSM juga berpesta gol. Tim Juku Eja membantai Madura United 6-1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Di sisi lain, Perseru lolos dari jerat degradasi secara dramatis. Mereka membuat kejutan mengalahkan tim bertabur bintang Persib Bandung 2-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.

Kemenangan ini membuat Semen Padang menangis. Kemenangan 2-0 Tim Kabau Sirah atas PS TNI di Stadion H. Agus Salim, Padang, jadi terasa sia-sia.

Perseru mengumpulkan poin akhir 37 sekaligus menduduki posisi 15. Di sisi lain Semen Padang terpuruk di posisi 16 dengan raihan 35 angka. Semen Padang pun menemani Persiba Balikpapan dan Persegres Gresik yang sudah terlebih dahulu dipastikan terlempar ke Liga 2 musim depan.

Walau Bhayangkara FC sudah dinobatkan sebagai juara, seiring asupan gratis karena lawan mereka di pekan ke-32, Mitra Kukar, memainkan pemain ilegal (terhukum), Mohamed Sissoko, pertandingan-pertandingan pekan ke-34 tetap berjalan seru.

Sejumlah gol berkelas lahir di pekan pamungkas Liga 1 2017. Simak parade gol-gol indah yang dirangkum Bola.com di bawah ini:

1 of 5

Ramdani Lestaluhu (Persija)

Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Liga 1 2017, Juara Liga 1 2017, Ramdani Lestaluhu
Pemain Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu saat melawan Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu (12/11/2017). Bhayangkara kalah dari Persija 1-2. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

1. Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta)

Bhayangkara FC gagal melengkapi pesta juara Liga 1 2017 setelah kalah dari Persija Jakarta 1-2, pada pekan terakhir Liga 1, Minggu (12/11/2017) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Bhayangkara unggul saat laga baru berjalan tiga menit lewat sepakan Ilija Spasojevic setelah memanfaatkan umpan mendatar Paulo Sergio. Ini menjadi gol ke-12 Spaso untuk Bhayangkara pada musim ini.

Setelah tertinggal, Persija berbalik menyerang. Tim Macan Kemayoran menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir lewat tendangan keras Ramdani Lestaluhu dari luar kotak penalti.

Babak kedua, duel semakin sengit. Kedua tim saling berbalas serangan. Persija terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Sandi Suthe dikartu merah setelah melakukan tekel terhadap Firly Apriansyah.

Bhayangkara hampir saja membobol gawang Andritany saat kiper Timnas Indonesia keluar dari sarangnya. Bola didapat Dendi Sulistiawan, namun bola hasil tendangan mantan pemain Persela itu mampu ditepis Gunawan Dwi Cahyo.Persija memanfaatkan momen itu untuk melakukan serangan balik cepat. Ramdani Lestaluhu membuat Persija unggul 2-1 setelah melewati Sahrul Kurniawan.

Pemain asal Tulehu, Maluku, tersebut melepaskan tendangan tipuan saat menggiring bola di depan kiper Awan Setho. Bhayangkara FC akhirnya harus merelakan kekalahan 1-2 dari Persija, sekaligus merusak pesta juara mereka di kandang.

Saksikan cuplikan pertandingan Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta:

2 of 5

Ryutaro Kurabe (Perseru)

PS TNI, Perseru Serui, Liga 1 2017
Pemain PS TNI, Abuh Lestaluhu (kanan) menahan laju membayangi gerakan pemain Perseru Serui, Karube Ryutaro pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Pakansari, Bogor (07/10/2017). PS TNI menang 2-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

2. Ryutaro Kurabe (Perseru Serui)

Persib Bandung gagal menyajikan menutup yang manis buat bobotoh di laga penutup Liga 1 2017. Menjamu Perseru Serui di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Minggu (12/11/2017), Maung Bandung kalah 0-2.

Hujan deras mewarnai duel kedua tim sehingga pada babak pertama mereka kesulitan mengembangkan permainan. Kondisi lapangan yang tergengan air juga membuat aliran bola tak maksimal sehingga babak pertama belum ada gol yang tercipta.

Pada babak kedua, kondisi lapangan semakin parah. Perseru justru membuat kejutan dengan mencetak gol indah lewat tendangan bebas bek asal Jepang, Ryutaro Kurabe pada menit ke-70. 

Perseru semakin termotivasi setelah menjebol gawang Maung Bandung. Kemenangan menjadi harga mati bagi tim Cenderawasih Jingga untuk mempertahankan posisi aman di atas zona degradasi.

Hanya delapan menit dari gol Ryutaro, Silvio Escobar membuat Persib malu di depan pendukung sendiri.Striker asal Argentina ini menjebol gawang M. Natshir lewat tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti, setelah terlebih dahulu melewati kawalan Tony Sucipto.

Saksikan cuplikan pertandingan Persib Bandung Vs Perseru Serui:

 

3 of 5

Paulo Sitanggang (Barito Putera)

Paulo Sitanggang
Gelandang Barito Putera, Paulo Sitanggang, terjatuh saat melawan Sriwijaya FC pada laga Piala Presiden di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (13/2/2017). Barito Putera kalah 1-2 dari Sriwijaya FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

3. Paulo Sitanggang (Barito Putera)

Barito Putera menutup petualangan di Liga 1 2017 dengan manis. Skuat asuah Jacksen F. Tiago menang telak 4-1 atas Persela Lamongan di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (11/11/2017).

Dengan kemenangan itu, untuk sementara Laskar Antasari menempati posisi ketujuh dengan 53 poin. Sementara Persela tetap di peringkat ke-14 dengan 40 poin.

Barito Putera mengawali laga dengan cukup baik. Bahkan mereka langsung menciptakan peluang satu menit setelah kick-off, lewat sepakan Rizki Ripora, meski sepakannya masih melenceng.

Serangan cepat berbuah hasil, menit keempat setelah Gavin Kwan Adsit menjebol jala Persela. Memanfaatkan kesalahan bek Taufik Kasrun dalam membuang bola, Gavin dengan tenang menaklukan kiper Alexander.

Barito Putera menggandakan skor, menit ke-18. Umpan manis Rizki Ripora dari sisi kanan mampu dimaksimalkan Muhammad Rifki lewat sundulan.

Persela menipiskan angka, menit ke-31, berkat sepakan penalti Samsul Arif seusai dilanggar dikotak terlarang. Namun, tuan rumah kembali menjauh, enam menit berselang lewat kaki Dedi Hartono, sekaligus menutup babak pertama.

Jalannya babak kedua tak jauh berbeda. Barito Putera terus mengendalikan permainan. Mereka mampu menambah satu gol berkelas lewat tendangan jarak jauh Paulo Octavianus Sitanggang. Skor 4-1 bertahan hingga laga bubar.

Saksikan cuplikan pertandingan Barito Putera Vs Persela Lamongan:

4 of 5

Asri Akbar (Borneo FC)

Asri Akbar
Pemain Pusamania Borneo FC, Asri Akbar pada laga Piala Presiden 2017. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

4. Asri Akbar (Pusamania Borneo FC)

Pusamania Borneo FC menyudahi kompetisi Liga 1 2017 dengan meraih kemenangan 3-2 atas Arema FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017).

Asri Akbar membuka kemenangan Borneo FF lewat gol cantik yang diciptakannya pada menit ke-15. Gelandang Borneo FC itu menanduk bola ke gawang Arema FC setelah menerima umpan lambung Terens Puhiri dari sisi kanan area luar kotak penalti Tim Singo Edan Terens Puhiri.

Selanjutnya, tim tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan selang 20 menit kemudian lewat sumbangan striker jangkung, Lerby Eliandry menjebol gawang Arema melalui titik putih.

Namun, selang dua menit kemudian, tepatnya pada menit ke-38, Arema FC berhasil memperkecil ketinggalan setelah ganti mendapatkan penalti dari wasit. Cristian Gonzales berhasil menjebol gawang Borneo FC dan membawa Arema FC akan mengawali babak kedua dengan hanya tertinggal satu gol.

Namun, Borneo FC justru berhasil memperbesar keunggulan lagi menjadi 3-1 saat laga baru berjalan sembilan menit. Gol tim tuan rumah dicetak Diego Michiels. Namun, Arema tak menyerah begitu saja meski kembali tertinggal dua gol. Akhirnya 20 menit berselang Arema FC berhasil kembali memperkecil ketinggalan melalui Dedik Setiawan.

Gol tersebut menjadi gol terakhir dalam pertandingan tersebut dan Arema FC gagal meraih poin di kandang Borneo FC. Tiga poin yang diraih Borneo FC membuat mereka mengakhiri musim ini dengan berada di posisi kedelapan dalam klasemen Liga 1 2017 dengan 52 poin dari 34 laga, unggul tiga poin dari Arema FC yang berada di posisi kesembilan di akhir musim.

Saksikan cuplikan pertandingan Pusamania Borneo FC Vs Arema FC:

Lanjutkan Membaca ↓