Joko Susilo dan Rencana Arema untuk Musim 2018

Oleh Iwan Setiawan pada 14 Nov 2017, 11:43 WIB
Wawancara Ekslusif Joko Susilo

Bola.com, Malang - Secara prestasi, Arema FC tergolong turun drastis di Liga 1 karena mereka tak lagi berada di papan atas. Tim Singo Edan menempati urutan ke-9 dengan 49 poin. Meski demikian, manajemen Arema memberikan sinyal untuk mempertahankan pelatih kepala, Joko 'Getuk' Susilo.

Pelatih asal Cepu ini dinilai memberikan perubahan dari segi permainan. Meskipun secara prestasi, justru Arema mengalami penurunan dibandingkan dengan era kepelatihan Aji Santoso pada putaran pertama.

Kendati demikian, manajemen Arema akan memberikan dukungan penuh kepada Getuk sejak awal musim. Kebutuhan pelatih fisik akan dipenuhi. Ini akam jadi momen pembuktian kualitas Getuk yang sebenarnya.

Selama ini pelatih 47 tahun itu selalu memegang Arema di tengah jalan. Seperti saat menggantikan posisi sejumlah pelatih seperti Miroslav Janu, Wolfgang Pikal, Suharno dan terakhir Aji Santoso. Seperti apa persiapan yang akan dilakukan Getuk? Berikut wawancaranya.

Apa rencana Anda pasca Liga 1 berakhir?

Memberikan rapor pemain kepada manajemen. Sebelumnya memang sudah saya sampaikan secara lisan. Waktu itu kompetisi tinggal beberapa pertandingan saja.

Sekarang waktunya saya berikan detail rapot tersebut sebagai bahan pertimbangan dan laporan akhir kepada manajemen. Rapor ini tidak bisa saya sampaikan kepada media karena urusan dapur tim. Sebenarnya gambarannya bisa dilihat dalam pertandingan. Seperti apa kontribusi pemain kepada tim dan sebagainya.

Arema memberikan sinyal akan mempertahankan Anda sebagai pelatih kepala. Bagaimana tanggapannya?

Sebenarnya sekarang masih fokus untuk menyerahkan rapot pemain. Tugas saya di Arema musim ini selesai dengan memberikan laporan tersebut. Tapi andaikan dipercaya melanjutkan tugas ini (sebagai pelatih kepala) ada dua kebutuhan untuk memberikan gelar juara, yaitu sarana dan skuat juara. Sarana artinya kebutuhan timnya komplet. Sedangkan skuat, jelas komposisi pemainnya punya mental juara.

 

1 of 2

Pelatih Fisik Asing

Arema FC
Arema berencana mendatangkan pelatih fisik asing. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Salah satu indikasi dukungan manajemen adalah pelatih fisik asing akan didatangkan. Sudah sesuai dengan kebutuhan tim?

Setiap klub pasti butuh pelatih fisik. Kenapa harus asing? Ada beberapa pertimbangan yang tidak bisa saya jelaskan di sini alasan Arema butuh pelatih fisik asing. Yang pasti Liga 1 kemarin level fisik pemain masih belum di tingkatan yang saya inginkan. Itu membuat Arema mudah kebobolan di menit akhir. Semoga musim depan tidak terulang kembali. 

Selain fisik, evaluasi apa lagi yang Anda lakukan untuk memperbaiki performa Arema?

Yang pasti evaluasi kekurangan dan kelemahan Arema. Tidak bisa juga saya jelaskan di sini. Saya akan membahasnya dengan manajemen. Kalau disampaikan ke publik, jadi saya menghakimi pemain sendiri. Intinya, apa kelemahan Arema musim ini sudah didiagnosa. Obatnya juga sudah disiapkan. 

Untuk komposisi pemain musim depan, berapa persen pemain yang layak untuk dipertahankan dari skuat saat ini?

Tentu tidak bisa menunjukkan berapa persen pemain yang bertahan. Itu tergantung pada manajemen karena masih ada proses yang akan dilalui. Seperti negosiasi kontrak.

Ada kemungkinan tidak memenuhi kesepakatan. Atau ada persoalan lainnya yang membuat pemain pindah klub. Jadi bisa dilihat nanti siapa saja yang akhirnya bertahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Mujab's SyekhermaniaMujab's Syekhermania

mau bli pemain gk to??

Andre AtayaAndre Ataya

gercep ajaa nihh omm udah buat strategi buat tahun depan

crazzycrazzy

semoga ajah musim depan nanti arema sukses