Sukses


5 Fakta Menarik Guyana, Lawan Terakhir Timnas Indonesia Tahun Ini

Jakarta - Timnas Indonesia akan menantang Guyana dalam laga uji coba terakhir tahun ini. Kedua tim bakal berlaga di Stadion Patriot, Sabtu (25/11/2017).

Jika mengukur berdasarkan peringkat FIFA, Guyana dan timnas Indonesia memiliki kekuatan seimbang. Itu karena keduanya sama-sama menempati urutan ke-165 pada peringkat terbaru per 16 Oktober 2017.

Meski begitu, timnas tetap mengincar kemenangan demi mengobati kekecewaan pada dua laga terakhir. Maklum, melawan Suriah U-23, timnas U-23 dan timnas senior harus bertekuk lutut. Jadi, ini bisa menjadi ajang kebangkitan untuk tim Merah Putih.

PSSI sendiri memastikan bahwa Guyana adalah lawan yang bagus untuk timnas Indonesia. Meski tak pernah berprestasi, setidaknya Guyana sudah berpengalaman melawan tim-tim asal Amerika.

Liputan6.com pun mencoba mencari tahu mengenai kekuatan Guyana dari berbagai sumber. Berikut adalah rangkuman yang didapat mengenai tim asuhan Wayne Dover tersebut:

 

2 dari 3 halaman

5 Fakta Menarik

1. Masuk Zona CONCACAF

Secara geografis, Guyana terletak di Amerika Latin. Namun, mereka justru memilih untuk masuk dalam Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF). Mereka adalah salah satu dari tiga negara Amerika Latin yang juga masuk CONCACAF selain Suriname dan French Guiana.

Federasi Sepak Bola Guyana. (Bola.com/Dok. GFF)

2. Rapor Buruk

Guyana tak pernah masuk dalam putaran final Piala CONCACAF dan Piala Dunia sejak merdeka pada 1966. mereka sempat tampil mengejutkan saat finis di urutan keempat Piala Kepulauan Karibia 1991 dan 2007.

 

3 dari 3 halaman

3-5

3. Sempat Paceklik Berlaga

Setelah merdeka pada 1996, Guyana tak memainkan satu laga pun selama lima tahun. Lawan pertama mereka setelah masa paceklik itu adalah Suriname dalam ajang kualifikasi Piala CONCACAF 1971.

Tak hanya itu, masa paceklik juga sempat dilewati Guyana pada November 2012-Oktober 2014. Saat itu, mereka sama sekali tak memainkan laga internasional karena masalah di luar lapangan.

4. Rekor

Mereka sempat meraih kemenangan fantastis pada 16 April 1998. Menghadapi Anguilla, Guyana menang 14 gol tanpa balas. Namun, mereka juga sempat menderita kekalahan menyakitkan, yakni saat takluk 0-9 dari Meksiko pada 2 Desember 1987.

5. Peringkat FIFA

Pada 2010, Guyana sempat mencapai masa terbaik mereka. itu karena Guyana mampu menempati urutan ke-86 peringkat FIFA. Untuk saat ini, Guyana dan Timnas Indonesia sama-sama menempati urutan ke-165.

Video Populer

Foto Populer